Konnichiwa Minnaa 😀 ketemu lagi nih dengan NEXS chan. Hari ini NEXS chan bakalan bagi-bagi info tentang baju jepang yang serupa sih, tapi sebenarnya tak sama 😀 hayo coba tebak apa ya? Hehe.. Yups, bener banget, yang dimaksud baju khas jepang serpa tak sama adalah yukata dan kimono. Secara kasat mata jika dilihat sekilas modelnya memang terkesan sama. Begitu juga dengan cara memakai pakaiannya, dimana sama-sama dililitkan dan dikencangkan dengan Obi atau sabuk pinggang. namun ada cukup banyak perbedaan lho. Perbedaan keduanya adalah sebagai berikut :

►  Kimono yang disebut orang Jepang sebagai Gofuku atau Wafuku, hanya dipakai pada kesempatan formal seperti pernikahan, upacara masuk sekolah, atau upacara kedewasaaan tahun baru, sedangkan Yukata dipakai untuk kesempatan santai, seperti berjalan-jalan melihat pesta kembang api, melihat matsuri atau menari di saat perayaan Obon.

► Kimono yang berharga mahal hingga luar biasa mahal, sedangkan harga Yukata umumnya terjangkau oleh semua orang.

► Kimono jadi hampir-hampir tidak ada toko yang mau menjualnya, sedangkan  Yukata yang sudah jadi dengan beraneka ukuran banyak dijual toko dengan harga terjangkau.

► Kimono menurut ukuran lebar lengannya dapat diketahui status seorang wanita (sudah menikah atau masih gadis), sedangkan Yukata dapat dipakai oleh siapa saja tanpa mengenal status.

► Kimono dikenakan dengan pakaian dalam sebanyak dua lapis (Hadajuban dan Juban), sedangkan perempuan yang mengenakan Yukata hanya perlu pakaian dalam lapis pertama (Hadajuban).

► Bahan kimono biasanya tebal sedangkan yukata berbahan tipis

Itulah beberapa perbedaan kimono dan yukata yang dipahami mimin. Semoga dapat membantu kalian yang masih kebingungan menemukan perbedaan antara Kimono dengan Yukata. Jya, mata aimashou ^^

 

By : Rezza NEXS Team

 

 

 

Shared By :

🌟 NEXS Japanese Language Center 🌟
Kursus Bahasa Jepang di Surabaya (Kelas Regular & Private)
Conversation Class Bahasa Jepang di Surabaya
Kelas Persiapan JLPT di Surabaya
Kelas Bahasa Jepang ONLINE
Konsultasi pendidikan ke Jepang di Surabaya
Jasa Penerjemahan Bahasa Jepang di Surabaya
Program Study Tour ke Jepang

Head Office NEXS Japanese Language Center
Komplek Ruko Transmart Rungkut Blok A-25
Jl. Raya Kalirungkut No. 23 Surabaya 60293
TELEPHONE: (031)8781033
WA : 081335555002
ID LINE: nexs.center
e-mail: ask@nexs.co.id
website: www.nexs.co.id