Yo, Minna! Pernah gak nyoba beli barang pake jidouhanbaiki? Jidohanbaiki (自動販売機) itu apa sih?

Jidouhanbaiki dalam bahasa Inggris disebut dengan Vending Machine, yaitu mesin penjual otomatis dimana Mina-san cukup memasukkan sejumlah uang,  memilih barang yang dikehendaki, dan voila! Keluarlah barang yang Mina-san inginkan. Praktis banget kan?

Di Jepang terdapat 5,52 juta jidohanbaiki, menjadikan Jepang sebagai negara dengan jumlah jidohanbaiki terbanyak di dunia! Wow! Membeli barang dengan menggunakan Jidouhanbaiki ini begitu praktis dan mudah sehingga membudaya di Jepang. Warga negara Jepang yang berada di luar negeri sering terheran-heran ketika di luar negeri karena jiduohanbaiki jarang bisa ditemui. Di Jepang, jidouhanbaiki sangat mudah ditemukan. Di koridor hotel, kampus, stasiun, halaman kuil, bahkan juga di Fuji 5th Station yang letaknya di bawah di kaki Gunung Fuji. Satu hal yang sangat khas dari Jepang, produk minuman disesuaikan dengan musim, panas untuk musim dingin, dan sebaliknya.

Bagi perusahaan besar di Jepang, seperti Kirin, Suntory, Itoen, Calpis, jidohanbaiki tidak hanya sekadar tempat untuk mendongkrak penjualan karena kepraktisannya. Buku “Japan: Why It Works, Why It Doesn’t : Economics in Everyday Life” karya Kazuhiro Igawa dan Shyam Sunder, menyatakan bahwa memanfaatkan mesin itu (jidouhanbaiki) lebih murah dan efektif daripada membuka toko. Selain itu efektif pula untuk kehumasan berkat gambar dan tulisan yang mencitrakan perusahaan.

Jidohanbaiki Minuman

Konsep jidouhanbaiki sejatinya lahir dari masyarakat di pedesaan Jepang yang mempraktikkan warung kejujuran. Mereka meletakkan produk pertanian di rak tanpa ditunggui. Pembeli tinggal menaruh uang di kotak dan mengambil barang yang diinginkan. Konsep mesin penjual otomatis mirip warung kejujuran tersebut. Dengan karakter masyarakat Jepang yang jujur dan tertib, mesin itu tidak pernah dirusak atau diisengi orang.

jidouhanbaiki elektronik

Barang yang dijual di jidohanbaiki tidak hanya minuman, namun juga pisang, telur, beras, semangkuk mie instan. Bahkan ada juga jidohanbaiki yang menjual bra, keluaran Wacoal, yang terletak di Shibuya (Tokyo).

Jidohanbaiki penjual makanan hangat 24 jam
Jidouhanbaiki penjual makanan hangat 24 jam

Sementara Uniqlo (salah satu clothing line terkemuka di Jepang) memiliki jidouhanbaiki penjaja T-shirt. Di kawasan Harajuku Uniqlo memiliki jidouhanbaiki yang berjajar sepanjang tembok dan menjual T-shirt.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba jidouhanbaiki di Jepang? Atau ingin study tour mengenal Jepang sambil mencoba aneka ragam minuman dan makanan yang dijual di jidouhanbaiki? NEXS Language Center memiliki program study tour seru ke Tokyo, Osaka,  Kyoto dan Kota-kota lainnya di Jepang. Silakan hubungi hotline atau datang langsung ke NEXS Language Center untuk info lebih lanjut. See you in Japan!

 

(Dikutip  dengan perubahan dari tabloid “Halo Jepang” edisi Februari 2016 halaman 23)

 

NEXS Japanese Language Center, Pilihan Tepat Belajar Bahasa Jepang di Surabaya!

NEXS Japanese Language Center 
Kursus Bahasa Jepang di Surabaya (Regular Class – Private Class – In House Class)
Conversation Class Bahasa Jepang di Surabaya
Kelas Persiapan JLPT di Surabaya
Konsultasi pendidikan ke Jepang di Surabaya
Jasa Penerjemahan Bahasa Jepang di Surabaya
Program Study Tour ke Jepang