Permainan tradisional Jepang yang masih populer hingga saat ini

Mei 21, 2020 | Tak Berkategori

Permainan tradisional saat ini sudah mulai tergantikan dengan eksistensi gadget. Namun ada beberapa permainan tradisional yang masih dimainkan khususnya oleh anak-anak. Jepang memiliki banyak mainan tradisional yang telah menghibur anak-anak dari generasi ke generasi. Berikut ini perrmainan tradisional Jepang yang masih populer di era modern saat ini.

1. Tako (Layang-Layang)

Diperkirakan bahwa layang-layang pertama kali diperkenalkan ke Jepang oleh para biksu Buddha yang datang dari Tiongkok pada periode Nara (710-794 M). Ada banyak gaya dan jenis layang-layang yang berbeda, pada kenyataannya, setiap wilayah Jepang memiliki bentuk karakteristiknya sendiri. Dekorasi sering menggambarkan karakter dari cerita rakyat Jepang atau memiliki makna religius atau simbolis.

2. Hanetsuki (Badminton Jepang)

Hanetsuki sama seperti permainan badminton tanpa menggunakan net. Permainan ini menggunakan raket yang disebut hagoita, terbuat dari kayu berbentuk persegi panjang, dan kok yang berwarna-warni. Sering dimainkan oleh para anak perempuan di tahun baru. Ada 2 cara bermain Hanetsuki. Pertama, bersaing memukul kok tinggi-tinggi selama mungkin. Kedua, saling memukul kok antara pemain satu dengan lainnya (seperti badminton). Pemain yang gagal memukul akan menerima hukuman, yaitu wajahnya akan dicoret dengan menggunakan tinta.

3. Daruma Otoshi

 

.

Permainan ini menggunakan boneka Daruma yang terdiri dari 5 bagian, biasanya tiap bagian sewarna dengan warna pelangi (biru, merah, kuning, dan hijau). Dimainkan dengan menggunakan palu kecil yang akan memukul tiap bagian, mulai dari bawah ke atas. Selama permainan, selain bagian yang dipukul, bagian lainnya tidak boleh jatuh

4. Menko

Menko adalah permainan kartu Jepang yang dimainkan oleh dua orang atau lebih, Menko merupakan nama jenis kartu yang digunakan untuk memainkan game ini, Setiap pemain menggunakan kartu Menko yang terbuat dari kertas tebal atau karton, dicetak pada satu atau kedua sisi dengan gambar dari anime, manga, dan karya lainnya. Cara bermainnya adalah setiap pemain harus membalikkan kartu lawan dengan cara menyerang atau melempar satu kartu ke kartu lainnya. Jika berhasil, kartu yang terbalik boleh diambil. Pemenangnya adalah pemain yang memiliki kartu paling banyak di akhir permainan.

5. Kendama

Permainan ini pada dasarnya dimainkan dengan melemparkan bola dan berusaha menangkapnya di salah satu cangkir atau menombaknya dengan ujung tongkat. Walaupun mungkin terdengar sederhana, tapi permainan ini cukup sulit, ada banyak teknik khusus untuk melakukannya.

Source : Dari berbagai sumber

Shared by NEXS Japanese Language Center

🌟 NEXS Japanese Language Center 🌟
Kursus Bahasa Jepang di Surabaya (Kelas Regular & Private)
Kursus Bahasa Jepang Online
Studi Ke Jepang

Conversation Class Bahasa Jepang di Surabaya
Kelas Persiapan JLPT di Surabaya
Kelas Bahasa Jepang ONLINE
Konsultasi pendidikan ke Jepang di Surabaya
Jasa Penerjemahan Bahasa Jepang di Surabaya
Program Study Tour ke Jepang

Head Office NEXS Japanese Language Center
Komplek Ruko Transmart Rungkut Blok A-25
Jl. Raya Kalirungkut No. 23 Surabaya 60293
TELEPHONE: (031)8781033
WA : 081335555002
ID LINE: nexs.center
e-mail: [email protected]
website: www.nexs.co.id

0 Komentar