Suasana Lebaran di Jepang

Mei 25, 2020 | Budaya

kursus bahasa jepang

Di negara yang mayoritas penduduk muslim seperti Indonesia, tentu akan berbeda dengan negara yang minoritas muslim seperti di jepang. Tak akan ada bedug takbir, opor ayam sampai berbagai macam silaturahmi dari rumah ke rumah.

Dilansir dari boombastis.com, begini ternyata momen lebaran di negara jepang.

1. Gema takbir tidak terasa

Suasana riuh dan semarak di malam takbiran yang biasanya meriah, mulai dari masjid sampai takbir keliling bakal begitu terasa di Indonesia, namun hal ini tak akan di temukan di muslim jepang. Mengingat jepang adalah negara yang terkenal dengan kesunyian, akan sulit mendengar toa yang mengumandangkan adzan, bahkan alunan takbir disuarakan secara samar – samar di masjid sekitar penduduk. Di jepang lebaran bukan lah hari spesial dan bukan hari libur yang bisa dimanfaatkan untuk bersilaturahmi.

2. Silaturahmi di dengan cara sederhana

Di jepang, menjalankan sholat ied dan silahturahmi singkat usai sholat ied dilaksanakan. Kaum muslim sangat memanfaatkan waktu yang terbatas tersebut untuk meminta maaf dengan kerabat. Biasa nya meraka akan bertemu di masjid, mengingat tak begitu banyak lokasi yang diperuntukkan bagi kaum muslim melaksanakan sholat eid.

3. Jalanan tetap normal

Takkan ditemukan jalanan mancet hanya karena aktivitas orang – orang bersilaturahmi. Kenapa? Karena disana memang tidak ada tradisi mudik. Semua orang tetap pada rutinitas nya masing – masing dan hanya umat muslim saya yang merayakannya. Sehingga jalan tidak seramai dan semancet di Indonesia. Namun untuk WNI sendiri, sebenarnya ada cara mudah melipur duka tak mudik ke tanah air. Setiap tahunnya KBRI selalu melaksanakan acara rutin halal bihalal. Wisma duta  selalu melakukan open house untuk menyambut masyarakat Indonesia muslim yang tinggal di Indonesia.

🌟 NEXS Japanese Language Center 🌟
Kursus Bahasa Jepang di Surabaya (Kelas Regular & Private)
Kursus Bahasa Jepang Online
Studi Ke Jepang

Conversation Class Bahasa Jepang di Surabaya
Kelas Persiapan JLPT di Surabaya
Kelas Bahasa Jepang ONLINE
Konsultasi pendidikan ke Jepang di Surabaya
Jasa Penerjemahan Bahasa Jepang di Surabaya
Program Study Tour ke Jepang

Head Office NEXS Japanese Language Center
Komplek Ruko Transmart Rungkut Blok A-25
Jl. Raya Kalirungkut No. 23 Surabaya 60293
TELEPHONE: (031)8781033
WA : 081335555002
ID LINE: nexs.center
e-mail: [email protected]
website: www.nexs.co.id

0 Komentar