“Menghargai waktu”, Apa kata orang Jepang ?

Apr 24, 2020 | Budaya

Menghargai waktu

Waktu adalah suatu hal yang sangat berarti dan penting bagi umat manusia. Waktu juga merupakan suatu hal yang harus dikelola serta diinvestasikan dengan baik oleh manusia. Hal ini butuh dilakukan karena waktu merupakan suatu hal yang sangat terbatas pemakaiannya. Ia tidak akan datang 2 kali, jadi sudah sepatutnya kita untuk menghargai waktu yang kita miliki.

Filosofinya, sampai kapan pun waktu itu bukan uang, tetapi waktu bisa digunakan untuk mendapatkan uang, dan karena orientasi uang itulah manusia bisa menghargai dan memanfaatkan waktu secara efektif. Waktu adalah pedang. Sedikit saja kita menyia-nyiakan waktu, maka waktu akan melukai kita. Sebilah pedang mengajarkan manusia untuk disiplin, tangkas, cerdas dan taktis, sehingga kita pandai mengatur dan memanfaatkan waktu. Waktu adalah ilmu yang membuat kita belajar dari setiap kejadian sepanjang perputaran waktu tersebut.

Di Jepang, tepat waktu adalah patokan sopan santun, dan telah ditanamkan sejak kecil. Bukan rahasia lagi, Jepang dikenal sebagai negara dengan tingkat disiplin warganya yang tinggi. Bagi warga jepang, waktu yang lebih cepat dari yang ditentukan bisa mendatangkan protes apalagi bagi mereka yang terlambat. Misalnya nih, jadwal kedatangan kereta yang seharusnya pukul 09.00 datang 3 menit lebih awal, ini sudah bisa bisa mendatangkan protes, belum lagi apabila yang datang terlambat. Waktu adalah segalanya, warga Jepang sangat menghargai waktu bahkan setiap detiknya. Jadi, tidak ada salahnya nih apabila kita mencoba untuk bisa belajar tentang disiplin waktu dari warga Jepang, berikut beberapa tips yang mungkin bisa dilakukan:

Waktu istirahat digunakan untuk istirahat

Gunakanlah waktu istirahat ditempat yang benar. Suatu pekerjaan dimulai dari pagi dan berakhir di sore hari, bukan sebaliknya, kebiasaan yang seperti ini akan berakibat buruk bagi tubuh Anda. Sebagaimana yang telah ditentukan, Anda harus menggunakan waktu kerja Anda untuk bekerja, tidak ada tunda menunda waktu maupun kegiatan yang dapat membuat waktu Anda terkuras. Jika Anda ingin menjadi orang yang sukses seperti orang Jepang, terapkan disiplin waktu ini.

Merasa malu, bila pulang lebih cepat dari waktu yang sudah ditentukan

Orang Jepang sering kali beranggapan apabila seseorang pulang dari kerja sebelum waktu yang ditentukan, maka akan dianggap sebagai orang yang tidak menghargai waktu dan tidak produktif di tempat kerja. Bagaimana bisa? Pelajaran selanjutnya dari Orang Jepang yang harus Anda lakukan, yaitu menggunakan waktu bekerja dengan bekerja sesuatu waktu yang telah ditentukan dan mampu untuk menghabiskan waktu di tempat kerja. Hal ini termasuk kedalam disiplin kerja, dimana Orang Jepang akan menilai dan mengukur tingkat kinerja seseorang melalui disiplin kerja dan waktunya. Apabila Anda pulang lebih awal dari rekan rekan Anda, maka kemungkinan besar seseorang akan memandang Anda sebagai orang yang tidak disiplin.

Menggunakan sebagian waktu makan siang Anda untuk beristirahat

Di Jepang, waktu makan siang yang diberikan berkisar 60 menit. Tapi, mereka tidak menggunakan 60 menit itu hanya untuk makan siang saja. Karena, mereka sangat menghargai waktu, Orang Jepang akan menggunakan waktu makan siang yang tersisa untuk istirahat sejenak. Biasanya, mereka mengatur jam makan siang menjadi 2 bagian, yaitu makan siang selama 30 menit dan sisanya digunakan untuk istirahat. Hal ini bertujuan agar produktivitas Orang Jepang menjadi meningkat seiring dengan dilakukannya istirahat yang cukup bagi tubuh Anda.

Ketepatan waktu dihubungkan dengan orang lain. Apabila ada yang terlambat, maka akan merugikan yang menunggu. Nah, Mina-san, supaya kita tidak membuat teman-teman atau guru kita menunggu lama maka alangkah baiknya datanglah tepat waktu, ^^_^^

See yaa..

Source : Dari berbagai sumber

Shared By NEXS Japanese Language Center

Konsultan Pendidikan Profesional dan Terpercaya di Indonesia, NEXS Japanese Language Center

Dapatkan FREE TRIAL JAPANESE CLASS berdurasi 60 menit dengan materi pembelajaran pengenalan Bahasa Jepang, pengenalan Huruf Kana serta simulasi JLPT

NEXS Japanese Language Center, Pilihan tepat Belajar Bahasa Jepang di Surabaya!

🌟 NEXS Japanese Language Center 🌟
Kursus Bahasa Jepang di Surabaya (Kelas Regular & Private)
Kursus Bahasa Jepang Online
Studi Ke Jepang

Conversation Class Bahasa Jepang di Surabaya
Kelas Persiapan JLPT di Surabaya
Kelas Bahasa Jepang ONLINE
Konsultasi pendidikan ke Jepang di Surabaya
Jasa Penerjemahan Bahasa Jepang di Surabaya
Program Study Tour ke Jepang

Head Office NEXS Japanese Language Center:
Komplek Ruko Transmart Rungkut Blok A-25
Jl. Raya Kalirungkut No. 23 Surabaya 60293
TELEPHONE: (031)8781033
WA : 081335555002
ID LINE: nexs.center
e-mail: [email protected]
website: www.nexs.co.id