Seragam Sekolah Unik Negara Jepang

Mei 5, 2020 | Budaya

Seragam sekolah negara Jepang

Seragam sailor untuk sekolah menengah di Jepang sudah menjadi daya tarik tersendiri dan telah menjadi ikon pop culture negara Jepang. Setelan kemeja putih dengan dasi khas pelaut dan rok lipit membuat tampilan seifuku begitu menarik, cute, dan menggoda. Seragam ini bahkan cukup banyak menginspirasi para designer di seluruh dunia.

Pencetus pertama ide penggunaan seragam “Sailor” ini adalah seorang Kepala Sekolah Fukuoka Jo Gakuin bernama Elizabeth Lee. Pada zaman dulu, anak-anak perempuan Jepang menggunakan kimono saat bersekolah. Hal ini tentu saja menyulitkan gerak mereka ketika beraktifitas terutama waktu berolahraga. Kemudian Elizabeth Lee teringat dengan model seragam yang dipakainya dulu ketika belajar di Inggris, yaitu baju model sailor/pelaut khusus untuk pelajar wanita.

Dahulu di kota Fukouka pada tahun 1920 merupakan permulaan seragam ini digunakan dan hingga kini masih bisa kita temukan pada anime maupun manga karena modelnya yang unik. Fakta seragam sekolah di Jepang model Sailor girl ini berbentuk segitiga pada bagian scraft, rok pendek dan kelepak di bagian punggung. Seragam sekolah tersebut terinspirasi dari seragam yang digunakan para angkatan laut Inggris. Panjang rok yang telah disepakati yaitu sekitar 15 cm diatas lutut. Para siswi akan menyeimbangkan rok mereka yang pendek dengan memakai kaos kaki panjang. Warna yang biasa digunakan adalah warna hitam atau warna putih, tergantung dari seragam apa yang mereka kenakan setiap harinya.

Dibalik keunikan seragam jepang ini ternyata terdapat sejarah dan fakta. Seifuku (制服) atau seragam sekolah telah ada di jepang tidak kurang dari seratus tahun yang lalu pada masa Meiji. Mulanya seragam sekolah tersebut merupakan perpaduan antara kimono formal, hakama dan kemeja untuk meningkatkan wibawa para murid. Seiring waktu, dunia barat ternyata mempengaruhi bentuk seragam sekolah di Jepang yang mengikuti perkembangan mode. Untuk Seragam sekolah pria, yang dulunya hakama berubah menjadi jas gakuran dengan celana panjang warna biru tua atau hitam. Jas Gakuran terinspirasi dari seragam militer dengan kancing logam hingga bagian leher dan memiliki kerah tinggi.

For your information nih minasan, setiap sekolah di Jepang memiliki design seifuku yang berbeda-beda. Design seragam sekolah tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi calon siswi. Bahkan, tidak sedikit calon siswi yang mendaftar di sekolah pilihannya karena tertarik dengan seragam sekolahnya yang keren. ^_^

Source : Dari berbagai sumber

Shared by NEXS Japanese Language Center

🌟 NEXS Japanese Language Center 🌟
Kursus Bahasa Jepang di Surabaya (Kelas Regular & Private)
Conversation Class Bahasa Jepang di Surabaya
Kursus Bahasa Jepang Online
Study in Japan

Kelas Persiapan JLPT di Surabaya
Kelas Bahasa Jepang ONLINE
Konsultasi pendidikan ke Jepang di Surabaya
Jasa Penerjemahan Bahasa Jepang di Surabaya
Program Study Tour ke Jepang

Head Office NEXS Japanese Language Center:
Komplek Ruko Transmart Rungkut Blok A-25
Jl. Raya Kalirungkut No. 23 Surabaya 60293
TELEPHONE: (031)8781033
WA : 081335555002
ID LINE: nexs.center
e-mail: [email protected]
website: www.nexs.co.id