Fakta Tentang Transportasi Umum di Jepang

Apr 16, 2020 | Budaya, Tentang Jepang

Transportasi umum di jepang

Jepang dikenal dengan keberhasilannya dalam mengatur beberapa hal. Beberapa orang mungkin bermimpi untuk tinggal di negara maju seperti Jepang. Bukan hanya karena tingkat kemakmurannya saja yang tinggi, tetapi juga karena infrastruktur yang menunjang, kehidupan sehari-hari jauh lebih tertata, salah satunya yaitu fasilitas transportasi umum, dalam hal ini yaitu bus dan kereta api. Berikut adalah beberapa informasi tentang fakta transportasi umum di negara Jepang :

  • Jepang memproduksi kereta apinya sendiri dengan percaya kepada perusahaan lokal.

Pemerintah Jepang tidak pernah membeli kereta api dari luar negeri melainkan memproduksi sendiri dengan bantuan perusahaan lokal. Siapa sangka bermodalkan kepercayaan, negara Jepang bisa sangat maju seperti saat ini. Jepang membuka peluang bagi semua pihak untuk terlibat dalam industri ini, sehingga menimbulkan berbagai kompetisi yang akan mengacu kepada semakin baiknya pelayanan kereta api. Ada sekitar 16 kereta api milik swasta yang beroperasi di Jepang. Hal ini juga membuktikan bahwa pemerintah tidak mendominasi. Orang Jepang dikenal memiliki etos kerja yang tinggi. Terbukti dibeberapa kesempatan pembangun rel kereta api, para pekerja bisa saja lembur hingga 24 jam demi mencapai target pembangunan. Perbaikan atau pemeliharaan rel kereta api setiap satu jam. Orang Jepang meyakini bahwa apa yang mereka bangun harus bisa mereka pelihara.

  • Jadwal yang tepat waktu

Semua jenis transportasi umum di Jepang datang sesuai dengan jam yang telah dijadwalkan. Bus dan kereta akan datang dan berangkat sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan selama tidak ada gangguan yang disebabkan oleh cuaca ataupun kecelakaan. Sebagai informasi tambahan, kecepatan jam kedatangan kereta atau bus disesuaikan dengan banyaknya jumlah pengguna jalur. Di jalur kereta sibuk yang ada di kota besar biasanya kereta akan datang dengan jadwal per tiga atau lima menit. Sebaliknya, di jalur yang penggunanya sedikit, seperti jalur kereta daerah kereta akan datang per 30 menit atau bahkan sampai per satu jam. Jadwal kereta yang lama ini juga berlaku di kota besar pada pagi buta ataupun larut malam saat pengguna kereta sedikit.

  • Melibatkan masyarakat secara langsung

Kalau kamu menggunakan kereta api di Jepang maka kamu akan mendapatkan perlakukan yang sangat baik. Bahkan masyarakat setiap minggunya diberikan kesempatan untuk memberikan masukan untuk perbaikan fasilitas dan pelayanan kereta api.

  • Keramahan terhadap orang berkebutuhan khusus

Transportasi umum di Jepang ramah untuk orang berkebutuhan khusus. Hal ini bisa dilihat dari beberapa hal, seperti bus yang menurunkan bagian pintu masuk agar orang tua atau anak-anak mudah saat naik, tempat khusus untuk kursi roda dan stroller bayi di dalam kereta, lift khusus kursi roda di tangga stasiun yang tidak memiliki lift dan petugas yang membantu orang berkebutuhan khusus dari stasiun keberangkatan sampai dengan stasiun tujuan.

Sekian informasi ini… see yaa…

 

Source:

Kompas.com

https://www.jnto.or.id/

https://jpninfo.com/

Shared By :

🌟 NEXS Japanese Language Center 🌟
Kursus Bahasa Jepang di Surabaya (Kelas Regular & Private)
Kursus Bahasa Jepang Online
Studi ke Jepang

Conversation Class Bahasa Jepang di Surabaya
Kelas Persiapan JLPT di Surabaya
Kelas Bahasa Jepang ONLINE
Konsultasi pendidikan ke Jepang di Surabaya
Jasa Penerjemahan Bahasa Jepang di Surabaya
Program Study Tour ke Jepang

Head Office NEXS Japanese Language Center
Komplek Ruko Transmart Rungkut Blok A-25
Jl. Raya Kalirungkut No. 23 Surabaya 60293
TELEPHONE: (031)8781033
WA : 081335555002
ID LINE: nexs.center
e-mail: [email protected]
website: www.nexs.co.id

 

0 Komentar