WeCreativez WhatsApp Support
こんにちは!NEXS memiliki program kelas Privat, Reguler (Basic-Intermediate-Advance), JLPT, Conversation, Study In Japan, Translate dan Penerjemah.
Ingin tahu info lebih lanjut?

Manyelami Budaya Jepang melalui Upacara Minum Teh

oleh | Des 20, 2017 | Budaya | 1 Komentar

Upacara minum teh Jepang (Cha-no-yu), yang juga disebut “Sadou” atau “Chadou”,merupakan salah satu kegiatan budaya tradisional Jepang yang membantu orang menikmati teh dengan perasaan tenang karena filosofi yang unik dan prosedur pembuatannya. Saat ini, banyak tempat menawarkan kesempatan bagi orang untuk mencoba dan mengalami upacara minum teh Jepang, misalnya di kamar teh di hotel Jepang, toko kudapan Jepang, di acara-acara dan lokakarya upacara minum teh untuk pengunjung asing. Minna-san dapat menemukan aspek baru dari budaya Jepang dengan mengalami upacara minum teh Jepang!

 

 

Filosofi Jepang dan Chadou

Kebiasaan minum teh di Jepang dikatakan telah menyebar setelah Zen biksu Eisai membawa pulang teh dari Cina di abad ke-12. Orang-orang Cina pada waktu itu memiliki kebiasaan minum “Matcha” sebagai upacara Zen. Matcha adalah jenis teh hijau yang dibuat dengan menggiling daun teh bubuk menggunakan gilingan tangan. teh Matcha dibuat dengan melarutkan bubuk matcha dengan air panas bukannya menanamkan daun teh dalam air panas. Eisai membawa pulang teh bersama dengan kebiasaan minum teh sebagai upacara Zen. Kebiasaan minum teh Matcha dikembangkan sebagai salah satu upacara Zen, dan akhirnya ditetapkan sebagai “Cha-no-yu” oleh Sen-no-rikyu pada akhir abad ke-15.

Konsep Zen didasarkan pada menjaga urutan keadaan pikiran dan pelatihan seseorang untuk mewujudkan urutan tersebut. Upacara minum teh muncul sebagai salah satu metode untuk berlatih urutan dan tata cara, dan sangat mempengaruhi seni kehidupan Jepang termasuk arsitektur, berkebun, menggambar, masakan, merangkai bunga, kaligrafi dan melayani hidangan. Konsep Zen berakar dalam estetika masyarakat Jepang

Upacara minum teh biasanya diadakan di cha-shitsu (kamar teh). Pada zaman kerajaan, cha-shitsu terdiri dari atas bangunan kecil yang terpisah-pisah dihiasi sudut indah dan  taman tradisional yang tenang. Struktur ini dapat paling sering dilihat sekarang adalah di taman atau istana dan halaman kuil. Kedai teh Shokintei di Katsura Detached Palace di Kyoto adalah salah satu contoh.

 

Para tamu memasuki kamar teh melalui nijiriguchi, sebuah pintu kecil yang memaksa mereka untuk merundukkan badan, sehingga mencerminkan status duniawi. Dalam chaji resmi banyak faktor yang dipertimbangkan untuk merayakan dengan keunikan: tamu yang diundang, musim, gulir kaligrafi yang tergantung di dinding, bunga-bunga yang dipamerkan, peralatan, makanan yang disajikan sebelum teh dan sebagainya. Upacara minum teh memiliki beberapa tahap, masing-masing dengan kedalaman makna yang berarti sulit dipahami bagi orang asing, tetapi akhirnya didasarkan pada harmoni dengan alam dan penciptaan momen sempurna dalam waktu.

Peserta upacara minum teh memegang chasen (sikat bambu) digunakan untuk mengaduk dan mencampur teh.

peralatan lain yang digunakan selama upacara meliputi: cha-ire, wadah keramik yang digunakan untuk teh bubuk; kama (ketel) yang digunakan untuk merebus air di atas api arang; hashi (sumpit) yang terbuat dari kayu cedar digunakan untuk memakan sajian; cha-wan (mangkuk teh) dan banyak lainnya.

Koicha (teh kental) disajikan pertama dan kemudian usucha (teh tipis). Selama upacara, makanan ringan kaiseki, sake dan higashi (permen kering) juga disajikan.

 

 

Referensi

http://www.japan-zone.com/culture/sado.shtml

http://japan-magazine.jnto.go.jp/en/1605_teaceremony.html

 

 

 

Dapatkan FREE TRIAL JAPANESE CLASS berdurasi 60 menit dengan materi pembelajaran pengenalan Bahasa Jepang dan pengenalan Huruf Kana atau materi persiapan JLPT

NEXS Japanese Language Center, Pilihan tepat Belajar Bahasa Jepang di Surabaya!

🌟 NEXS Japanese Language Center 🌟
Kursus Bahasa Jepang di Surabaya (Kelas Regular & Private)
Conversation Class Bahasa Jepang di Surabaya
Kelas Persiapan JLPT di Surabaya
Kelas Bahasa Jepang ONLINE
Konsultasi pendidikan ke Jepang di Surabaya
Jasa Penerjemahan Bahasa Jepang di Surabaya
Program Study Tour ke Jepang

Head Office NEXS Japanese Language Center:
Komplek Ruko Transmart Rungkut Blok A-25
Jl. Raya Kalirungkut No. 23 Surabaya 60293
TELEPHONE: (031)8781033
WA : 081335555002
ID LINE: nexs.center
e-mail: [email protected]
website: www.nexs.co.id