Persiapan Kuliah di Jepang

Jul 26, 2020 | Education

study in japan

Jepang merupakan salah satu negara yang banyak dituju untuk melanjutkan studi perkuliahan karena banyak universitas bagus yang ada disana. Karena budaya dan bahasa yang digunakan di Jepang berbeda dengan Indonesia, tentu saja jika kita ingin melanjutkan kuliah di Negeri Sakura ini maka ada banyak hal yang harus kita persiapkan sebelumnya. Maka pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi penting kepada Anda yang hendak pergi kuliah ke Jepang, berikut merupakan beberapa persiapan kuliah di Jepang. Apa saja? Simak ulasan pentingnya di bawah ini.

1. Mencari informasi sebanyak-banyaknya Kuliah di Jepang atau Study ke Jepang

Jika Anda ingin kuliah di Negeri Sakura Jepang maka banyak yang harus Anda persiapkan. Salah satu yang harus Anda lakukan adalah tentu saja mencari informasi mengenai studi yang ingin Anda pilih sebanyak-banyaknya. Jangan sampai Anda terlambat daftar karena baru saja mencari informasinya. Sekarang ini Anda bisa memanfaatkan internet, untuk memudahkan mencari informasi mengenai studi di Jepang hingga beasiswa kuliah di Jepang. Anda juga bisa menanyakan studi di Jepang yang Anda inginkan karena sekarang sudah banyak lembaga yang bisa membantu Anda untuk mewujudkan mimpi Anda kuliah di Jepang. Jadi, jangan malu bertanya dan carilah informasi sebanyak-banyaknya.

2. Mempunyai sertifikat

Untuk dapat kuliah di Jepang, banyak sekali hal yang harus Anda siapkan. Selain aktif mencari informasi sebanyak-banyaknya, Anda juga harus memiliki sertifikat sehingga akan lebih memudahkan Anda untuk masuk ke universitas di Jepang yang Anda tuju. Biasanya sertifikat yang dibutuhkan untuk melanjutkan kuliah di Negeri Sakura Jepang ialah sertifikat TOEFL, JLPT, SAT, UN, EJU, dan IELTS. Namun biasanya untuk Indonesia, sertifikat UN ini tidak dianggap sehingga Anda harus mengikuti ujian yang dinamakan EJU atau kepanjangan dari Examination for Japanese Universirty Admission for International Student. Jika Anda memiliki sertifikat lainnya maka Anda juga bisa menyiapkannya.

3. Mengikuti tes ujian masuk universitas

Persiapan kuliah di Jepang yang selanjutnya adalah dengan mengikuti tes ujian masuk ke universitasnya. Jadi setelah mengikuti tes EJU, biasanya calon mahasiswa yang akan kuliah di Jepang akan mengikuti beberapa tes untuk masuk ke universitas pilihan mereka. Yaitu mereka akan menjalani tes wawancara, kemudian tes essay, dan tes TPA atau tes potensi akademik. Kemudian ketika mereka diterima di kampus pilihan mereka, biasanya akan mendapatkan kabar melalui email atau surat pos.

4. Belajar bahasa Jepang

Ketika hidup dan kuliah di Jepang, tentu kita juga harus mempelajari Bahasa Jepang karena tidak semua orang Jepang bisa berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris. Untuk lebih memudahkan Anda berkomunikasi dengan masyarakat lokal dan juga mengikuti kelas saat kuliah nanti maka Anda harus belajar Bahasa Jepang. Biasanya, sebelum masuk ke universitas, kita akan mengikuti beberapa bulan kelas Bahasa Jepang. Selain mengikuti kelas Bahasa Jepang, Anda juga harus menyiapkan buku pelajaran dan kamus Bahasa Jepang sehingga akan lebih memudahkan untuk belajar. Selain itu, tips dari kami siapkan juga aplikasi kamus atau aplikasi penerjemah seperti google translate di ponsel Anda sehingga bisa memudahkan Anda untuk lebih mengerti dan memahami Bahasa Jepang.

5. Mencari informasi mengenai biaya hidup di Jepang

Setelah menyiapkan hal-hal di atas, hal yang tidak boleh Anda lupakan ketika Anda ingin melanjutkan pendidikan di Jepang adalah dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai biaya hidup di Jepang nantinya. Dimana Anda akan tinggal, carilah tempat yang terjangkau dan murah untuk ditinggali. Apakah Anda ingin tinggal di apartemen atau tidak. Selain itu Anda juga bisa melakukan kerja part time untuk menambah pemasukan nantinya. Anda bisa mencari informasi itu mulai saat ini.

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami berikan kepada Anda mengenai persiapan kuliah di Jepang. Memang banyak hal yang harus Anda siapkan dan perhatikan sebelum melanjutkan pendidikan di Negeri Sakura Jepang itu. Semangat! Semoga artikel yang kami berikan bisa bermanfaat bagi Anda yang ingin melanjutkan pendidikan di Jepang! 

 

0 Komentar