Jorougumo (絡新婦 or じょろうぐも, Jorōgumo) adalah youkai yang memiliki bentuk laba – laba, tetapi mengubah bentuknya menjadi wanita cantik ketika ingin menjerat dan memangsa manusia. Legenda Jorougumo  muncul saat zaman Edo, yaitu sekitar tahun 1603 – 1867. Jorougumo  sering diartikan sebagai ‘binding bride’. Jorougumo dipercaya dapat ditemukan di seluruh penjuru Jepang kecuali Hokkaido.

Wujud asli Jorougumo adalah laba – laba yang telah berusia 400 tahun, kebanyakan berasal dari spesies orb – weaver spider, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk laba – laba jenis lain.

Jika orb – weaver spider hanya memilliki ukuran 2 – 3 cm, maka saat bertransformasi menjadi Jorougumo ukurannya dapat menjadi sebesar sapi. Saat berusia 400 tahun, laba – laba dipercaya memiliki kekuatan khusus dan berubah ukuran menjadi besar.

Karena wujud asli yang merupakan laba – laba, Jorōgumo memiliki kawanan hidup baik dari laba – laba ataupun youkai. Hal ini menguntungkan Jorōgumo untuk mendapatkan bantuan dengan keadaan sekitarnya. Ketika ada penduduk atau orang lain yang mencurigai keberadaannya, Jorougumo dapat meminta bantuan kawanan hidupnya untuk membunuh atau membakar rumah orang tersebut, sehingga keberadaannya tetap aman.

 

jorogumo yokai

 

Jorougumo diceritakan hidup dan membuat sarang di hutan, sekitar air terjun, dan rumah kosong yang ada di pedesaan. Dalam legenda zaman Edo sendiri, Jorōgumo dikisahkan sebagai seorang wanita cantik yang tinggal sendirian di sebuah gubuk dalam pedesaan dan memainkan alat musik biwa. Saat sang korban terjerat akan alunan musik dan kecantikannya, Jorougumo akan mengikat mangsanya dengan jaring laba – laba yang kuat dan menyimpannya sebagai bahan makanan. Mereka biasanya tidak memakan korbannya secara langsung, tetapi menyiksanya perlahan – lahan sampai sang korban menemui kematian. Mangsa yang paling disukai oleh Jorougumo adalah lelaki tampan dan muda. Hal ini karena mereka lah yang biasanya paling mudah terjerat oleh kelicikan makhluk tersebut. Dilain waktu, terkadang Jorougumo mengundang laki – laki yang dianggapnya menarik ke rumah mereka lalu diikat dan disimpan sebagai bahan makanan.

Walaupun sering dianggap sebagai makhluk yang jahat, di wilayah Kashikobuchi Jorougumo dianggap sebagai kekuatan pelindung yang menyelamatkan manusia yang tenggelan di sunagi atau di sekitar air terjun tempat mereka tinggal.

Jorougumo sudah tidak banyak dibicarakan saat ini, mungkin karena umur laba – laba di masa kini banyak atau bahkan tidak ada yang mencapai 400 tahun, atau memang legenda ini sudah mulai terlupakan.

Source : yokai.com

Shared by : NEXS Japanese Language Center

Konsultan Pendidikan Profesional dan Terpercaya di Indonesia, NEXS Japanese Language Center

Dapatkan FREE TRIAL JAPANESE CLASS berdurasi 60 menit dengan materi pembelajaran pengenalan Bahasa Jepang, pengenalan Huruf Kana serta simulasi JLPT

NEXS Japanese Language Center, Pilihan tepat Belajar Bahasa Jepang di Surabaya!

 

🌟 NEXS Japanese Language Center 🌟
Kursus Bahasa Jepang di Surabaya (Kelas Regular & Private)
Conversation Class Bahasa Jepang di Surabaya
Kursus Bahasa Jepang Online
Studi Ke Jepang

Kelas Persiapan JLPT di Surabaya
Kelas Bahasa Jepang ONLINE
Konsultasi pendidikan ke Jepang di Surabaya
Jasa Penerjemahan Bahasa Jepang di Surabaya
Program Study Tour ke Jepang

Head Office NEXS Japanese Language Center:

Komplek Ruko Transmart Rungkut Blok A-25
Jl. Raya Kalirungkut No. 23 Surabaya 60293
TELEPHONE: (031)8781033
WA : 081335555002
ID LINE: nexs.center
e-mail: [email protected]
website: www.nexs.co.id