pasar tahun baru

Minasan, konnichiwa.. Ketemu lagi sama NEXS chan nih. Kali ini NEXS chan masih bahas terkait tahun baru di Jepang nih.. Jadi di Jepang tuh ternyata ada “pasar tahun baru” khusus lho.

Menjelang Tahun Baru, ada festival unik di Tokyo, Jepang. Festival Haigota Ichi namanya. Orang-orang membeli jimat keberuntungan berbentuk seperti raket badminton berbahan kayu. Jangan lewatkan acara ini jika Anda berlibur akhir tahun di Negeri Sakura itu.

Hagoita Ichi adalah festival tradisional yang sudah dimulai dari Periode Edo. Festival ini diadakan pada tanggal 17-19 desember di Kuil Sensoji di Akasuka. Kuil ini dipilih karena merupakan tempat terbaik untuk melihat Kota Tokyo. Festival diadakan di dekat aula utama kuil. Lebih dari 50 stand di area terbuka akan menjual haigota, layangan dan berbagai pernak-pernik Tahun Baru.

Hagoita adalah semacam raket berbahan papan persegi panjang dengan pegangan yang digunakan untuk bermain hanetsuki, permainan mirip bulutangkis. Permainan ini dimainkan pada Tahun Baru untuk menyambut musim semi.

Pada abad ke-17, tepatnya ketika periode Edo, hagoita mulai dilukis untuk dijadikan jimat keberuntungan. Awalnya, haigota dilukis dalam gambar sederhana, seperti pohon cemara, bambu dan bunga plum. Namun lama-kelamaan gambarnya menjadi semakin rumit dan dengan komposisi dan warna yang semakin jelas. Mereka biasanya melukis hagoita dengan gambar Kabuki, artis dan karakter anime. Meski Hagoita Ichi sudah ada sejak abad ke-17, namun festival ini baru dikenal banyak orang setelah Perang Dunia ke-2.

Hagoita yang dijual di festival Hagoita Ichi bukanlah yang untuk dimainkan. Karena sebenarnya, hagoita yang sudah dihias dipercaya bisa menjadi jimat keberuntungan. Festival tahunan ini selalu ramai oleh ribuan orang yang datang dari seluruh penjuru kota di Jepang.

Tradisi memberikan haigota sebagai jimat keberuntungan sudah ada sejak lama. Biasanya haigota diberikan untuk anak yang baru lahir. Pemberian ini diharapkan semoga anak tersebut bisa tumbuh menjadi anak yang sehat. Selain untuk anak yang baru lahir, hagoita juga diberikan bisa diberikan ke kerabat atau keluarga.

Jika Anda telah merencanakan menghabiskan tahun baru di Jepang, jangan lupa kunjungi Festival Hagoita Ichi. Selain menikmati keramaian festival tradisional yang unik, Anda juga bisa membeli beberapa jimat keberuntungan yang bisa dijadikan oleh-oleh. Festival ini dimulai pukul 10.00-22.00 malam waktu setempat.

 

Source : travel.detik.com

 

Shared By :

🌟 NEXS Japanese Language Center 🌟
Kursus Bahasa Jepang di Surabaya (Kelas Regular & Private)
Conversation Class Bahasa Jepang di Surabaya
Kelas Persiapan JLPT di Surabaya
Kelas Bahasa Jepang ONLINE
Konsultasi pendidikan ke Jepang di Surabaya
Jasa Penerjemahan Bahasa Jepang di Surabaya
Program Study Tour ke Jepang

Head Office NEXS Japanese Language Center
Komplek Ruko Transmart Rungkut Blok A-25
Jl. Raya Kalirungkut No. 23 Surabaya 60293
TELEPHONE: (031)8781033
WA : 081335555002
ID LINE: nexs.center
e-mail: [email protected]
website: www.nexs.co.id