Senjata adalah suatu alat yang digunakan untuk melukai, membunuh, atau menghancurkan suatu benda. Senjata dapat juga digunakan untuk menyerang maupun untuk mempertahankan diri, dan juga untuk mengancam dan melindungi. Di setiap negara pastinya mempunyai senjata tradisional seperti halnya dengan Negara Jepang. Senjata jepang yang sangat popular yaitu samurai, namun sebenernya masih banyak senjata tradisional jepang yang lain diantaranya.

katana

Katana adalah pedang panjang dari Jepang walaupun di Jepang sendiri ini merujuk pada semua jenis pedang. Katana merujuk kepada pedang satu mata, melengkung yang khusus yang secara tradisi digunakan oleh samurai jepang. Katana biasanya dipasangkan dengan wakizashi atau shoto, bentuknya mirip tapi dibuat lebih pendek, keduanya dipakai oleh anggota kelas satria.

Kusarigama

 

Kama ( かま , 鎌)adalah senjata tradisional yang berasal dari okinawa, Kama pada awalnya digunakan untuk pertanian. Senjata Kama biasa digunakan sepasang, senjata ini merupakan salah 1 senjata utama ninja, tetapi pada ujungnya dipasang gada/rantai, disebut kusari-gama.

Kunai

Kunai adalah senjata lempar tradisional jepang, muncul pada era kaisar tensho. Kunai pada umumnnya dibuat dari besi, bukan baja/metal lain, dibuat dengan murah dan tidak di-polish. Kunai biasanya berukuran 20-60cm, dan rata-rata 40 cm. Kunai pada dulunya adalah alat untuk berkebun dan alat bagi para pekerja batu. Kunai dipercaya sebenarnya bukan senjata yang didesain untuk dilempar, tetapi dapat dilempar dan menghasilkan daya hancur yang lumayan.

Naginata

Naginata (なぎなた , 薙刀) adalah senjata kelas tombak yang secara tradisional digunakan di jepang oleh para anggota samurai. Sebuah naginata terdiri dari pegangan tongkat kayu dan golok melengkung pada ujungnya, senjata ini sama dengan yang dipegang oleh Guan Yu dalam sejarah China. Ilmu bela diri yang menggunakan naginata adalah naginata-jutsu

Sai

Sai (釵)adalah senjata tradisional yang berasal dari okinawa, juga digunakan di india, china, indonesia dan malaysia. Sai adalah senjata yang berbentuk seperti trisula. Sai pada awalnya adalah alat pertanian.

Shuriken

Shuriken adalah senjata tradisional jepang yang pada umumnya digunakan untuk dilempar ke lawan, dan kadang digunakan untuk menusuk dan memotong arteri lawan. Shuriken dibuat dari jarum, pisau, dan bahan logam lain. Shuriken adalah senjata yang paling sering digunakan setelah katana dan naginata. Ilmu beladiri yang menggunakan shuriken disebut shuriken-jutsu, shuriken-jutsu pada dulunya diajarkan di perguruan ninja. Shuriken dikenal dengan sebutan “bintang ninja”

Wakizashi

Wakizashi (脇差)adalah pedang jepang tradisional dengan panjang mata bilah antara 30 dan 60 sentimeter (antara 12 hingga 24 inci), serupa tetapi lebih pendek bila dibandingkan dengan katana yang sering dikenakan bersama-sama.  Wakizashi digunakan sebagai senjata samurai apabila tidak ada katana. Apabila memasuki bangunan suci atau bangunan istana, samurai akan meninggalkan katananya pada para pengawal pada pintu masuk. Namun, wakizashi selalu tetap dibawa pada setiap waktu, dan dengan itu, ia menjadi senjata bagi samurai, serupa seperti penggunaan pistol bagi tentara.

Source: All about Japan

Konsultasi Pendidikan Professional dan Terpercaya di Indonesia, NEXS Japanese Language Center.

NEXS Japanese Language Center, pilihan tepat belajar bahasa Jepang di Surabaya!!!

NEXS Japanese Language Center

Kursus bahasa Jepang di Surabaya (Kelas Privat dan Reguler)

Conversation Class Bahasa Jepang di Surabaya

Kelas Persiapan JLPT di SURABAYA

Kelas Bahasa Jepang ONLINE

Konsultasi Pendidikan ke Jepang di Surabaya

Jasa Penerjemah Bahasa Jepang di Surabaya

Proram Study Tour ke Jepang

Head Office NEXS Japanese Language Center :

Kompleks Ruko Transmart kav. 25 Blok A

Jl. Raya Kalirungkut no. 23 Surabaya 60293

Telephone: (031)8781033

ID LINE : nexs.center

WA : 081335555002

E-mail : [email protected]