Seleksi Masuk Universitas Jepang

Tips Ujian Seleksi Masuk Universitas Jepang

Setiap orang pasti memiliki impian yang ingin di gapai, setiap orang juga pernah bermimpi namun terhenti karena resah akan persiapannya, jadi agar kita selalu bersemangat dan bangkit saat menyerah kita harus mempersiapkan secara matang, entah fisik maupun mental. Apa saja persiapannya?

Memilih untuk melanjutkan study di jepang adalah salah satu pilihan terbanyak dari siswa siswi di Indonesia, karena memang setiap orang memiliki rencana dan keinginan khusus disana. Tiga tips agar kalian merasa siap dan semangat untuk mengikuti ujian seleksi masuk universitas di jepang. Berikut tips ujian seleksi masuk Universitas di Jepang:

Tips Pertama adalah dengan belajar dengan giat, menjadi anak yang rajin adalah pilihan, kepintaran adalah bonus dari apa yang sudah kita lakukan, mustahil jika kita tidak belajar namun mendapatkan yang kita inginkan dengan instan, maka dari itu awal yang harus disiapkan adalah dengan belajar.

Tips Kedua adalah mencari teman atau berdiri sendiri dengan berbagai informasi, penting sekali sebuah informasi dan wawasan untuk seleksi ke universiatas di Jepang, karena dengan kita berdiam saja informasi itu tidak datang dengan sendirinya, maka dari itu kita harus mencari akses untuk mendapatkan informasi tersebut.

Tips Ketiga adalah perbanyak belajar bahasa Jepang, kalau memang kita serius untuk melanjutkan kuliah di Jepang pastinya kita harus siap berbahasa Jepang bukan ? kalau kita hanya mengandalkan nilai dan uang bagaimana bisa nantinya kita hidup mandiri di sana, jadi kita harus mempersiapkan matang untuk berbicara menggunakan bahasa Jepang.

Ada berbagai tes yang kita hadapi saat masuk universiatas jepang, namun kita harus tetap enjoy dan bahagia menjalankannya agar hasil yang kita dapatkan sesuai dengan yang kita harapkan, apa saja ya tes masuk universitas di jepang?

Yang pertama adalah Examination for Japanes University Admission for International Students ( EJU ) Ini adalah syarat masuk Universiatas bagi program sarjana, tes ini dilaksanakan di Jepang dan negara luar Jepang salah satunya adalah Indonesia, pada tes ini bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris dan bahasa Jepang, namun peserta boleh memilih salah satu bahasa yang digunakan sesuai dengan bahasa pengantar yang digunakan di universitasnya nanti, hasil tes EJU nantinya akan diberikan kepada universitas yang dituju beserta dokumen persyaratannya.

Kedua ada Japanes Language Proficiency Test ( JLPT ) yaitu tes percakapan bahasa jepang, ujian ini dilakukan untuk mengukur kemampuan berbahasa Jepang bagi yang berasal dari luar Jepang hampir sama dengan tes TOEFL dan IELTS, namun yang membedakan ujian ini lebih mengukur kelancaran berbahasa Jepang.

Yang terakhir yaitu The National Center for University Entrance Examination. Ini merupakan lembaga Administrasi Independen yang menyelenggarakan Tes Pusat Nasional untuk penerimaan Universitas dan ujian masuk Universitas di Jepang. Sebenarnya ujian ini diberikan kepada siswa Jepang, namun bagi mahasiswa asing termasuk Indonesia yang ingin mengambil jurusan kedokteran di Jepang maka wajib mengikuti ujian ini. Apabila telah mengikuti semua proses seleksi entah itu tertulis, dokumen atau wawancara, biasannya diberikan waktu menunggu, paling lama satu bulan menunggu pengumuman hasil seleski, yang akan diumumkan melalui email, telepon, ataupun bisa langsung dilihat di Unversitas yang kalian tuju. Nah dari sini, kalian dapat mengukur persiapan kalian sudah sampai manakah saya?, kemudian kurangnnya bisa kalian kejar saat kalian masih belajar di sekolah menengah pertama (SMA) atau sebelumya.

Itulah tips ujian seleksi masuk Universitas di Jepang dan Bila ingin lebih menguasai Bahasa Jepang Kamu? Hubungi kami, We Make Your Japanese UP!