WeCreativez WhatsApp Support
こんにちは!NEXS memiliki program kelas Privat Online/Offline, Reguler (Basic-Intermediate-Advance), JLPT, Conversation Class, Study In Japan, Translate dan Penerjemah.
Ingin tahu info lebih lanjut?

Jenis Seleksi Ujian Universitas di Jepang

Universitas di Jepang memang memiliki daya tarik untuk menjadikannya sebagai tempat melanjutkan studi, selain sistem pendidikan yang mapan di dukung budaya dan etos kerjanya, menjadikan Jepang pilihan yang baik bagi sebagian orang untuk melajutkan studi selain ketertarikan budayanya. Di Indonesia kita mengenal ada SNMPTN, UTBK, SBMPTN dan seleksi mandiri, nah untuk melanjutkan studi ke peguruan tinggi di Jepang, ada ujian yang harus kamu lalui.

JLPT

Jika kamu salah satu pembelajar bahasa Jepang, pasti sudah tidak asing dengan sebutan JLPT atau Nihongo Noryoku Shiken (日本語能力試験). JLPT adalah singkatan dari Japanese Language Proficiency Test atau dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan ujian kemampuan bahasa Jepang. 

Ujian kemampuan bahasa Jepang ini bisa diikuti oleh siapapun selain penutur asli bahasa Jepang dari seluruh dunia. Ujian dilakukan serempak di 65 negara termasuk Jepang. JLPT dibagi ke dalam 5 level kesulitan. Dari mulai N1, yaitu level yang paling sulit, hingga N5, level yang paling mudah atau level untuk pemula. Di Indonesia, ujian ini diatur oleh The Japan Foundation dan diadakan dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Juli dan Desember. 

EJU

Untuk bisa masuk universitas di Jepang, ada sistem ujian bernama Examination For Japanese University atau sering disebut sebagai EJU dan merupakan syarat masuk universitas bagi program sarjana. Tes EJU sendiri dilaksanakan di Jepang dan berbagai negara di luar Jepang, salah satunya adalah Indonesia.

Uji digunakan untuk mengevaluasi apakah siswa internasional yang ingin melanjutkan pendidikan di Jepang memiliki keterampilan bahasa Jepang dan kemampuan akademik dasar yang diperlukan untuk belajar di lembaga – lembaga tersebut. Jika masuk universitas di Jepang dengan EJU, maka dianggap keluah dengan menggunakan biaya sendiri. jadi harus mencari beasiswa atau sponsor secara terpisah atau ada beasiswa yang diberikan kepasda siswa yang memiliki performance akademik yang baik yang biasanya diberikan oleh Reservation Program For Monbukagkusho Honor Scholarship For Privately Finace International Students sebesar 48000 yen perbulan.  

The National Center Test for University Entrance Examination

The National Center Test for University Entrance Examination merupakan lembaga Administrasi Independen yang menyelenggarakan tes pusat nasional untuk penerimaan universitas dan ujian masuk sekolah hukum di Jepang. lembaga ini berasa di bawah kementrian pendidikan, kebudayaa, olahraga, sains dan teknologi.

Ujian ini diberikan untuk mahasiswa Jepang yang akan memasuki Universitas negeri di Jepang. Jadi jurusan ini hanya diperuntukan bagi mahasiswa lokal, namun bagi mahasiswa asing yang ingin mengambil jurusan kedokteran di Jepang wajib mengikuti ujian ini.

apabila telah mengikuti semua proses seleksi, biasanya kamu diberikan waktu untuk mengunggu, paling lama satu bulan. Diterima atau tidaknya di Universitas tersebut dan penerimaan akan diumumkan melalui email, telp ataupun bisa dilihat langsung di universitas yang kamu inginkan.

Butuh persiapan tes di atas? jangan sungkan tuk say Hi Kami.

NEXS Japanese Language Center 
Kursus Bahasa Jepang di Surabaya (Regular Class – Private Class – In House Class)
Conversation Class Bahasa Jepang di Surabaya