72 tahun lalu, Kota Hiroshima dan Nagasaki di Jepang luluh lantak oleh bom atom yang dijatuhkan Amerika Serikat. Tanggal 6 Agustus Kota Hiroshima dijatuhi bom yang membuat kota itu hancur. 140.000 dari 350.000 warga Hiroshima mati akibat bom itu. Tiga hari setelah itu, giliran Kota Nagasaki yang dibuat berantakan.

Kota Hiroshima adalah kota pertama di dunia yang dihancurkan dengan bom atom ketika perang. Akan tetapi jika dilihat keadaan sekarang setelah rekonstruksi, hampir tidak ada sisa-sisa kerusakan akibat bom atom.

Monumen Perdamaian Hiroshima atau Genbaku Dome (genbaku berarti bom) adalah sebagian kecil sisa dari bangunan yang terkena bom atom pada masa perang. Bangunan ini dibiarkan begitu saja sebagai bentuk peringatan untuk mengenang penderitaan dan kesedihan pada saat itu. Bangunan ini tercatat sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1996.

Sebelum terkena bom bangunan ini bernama “Gedung Promosi Industri Prefektur Hiroshima”, yang digunakan untuk mempromosikan hasil industri dari Prefektur Hiroshima. Pada tahun 1945 ketika bom dijatuhkan di Kota Hiroshima, kebanyakan bangunan yang ada pada saat itu hancur. Namun ajaibnya, beberapa bagian dari bangunan yang atapnya berbentuk kubah (dome) dari baja ini masih tersisa. Dari bentuk kubah itulah tempat ini disebut “Genbaku Dome”.

Karena begitu bersejarahnya kota Hiroshima maka fotografer Issei Kato telah memasangkan foto yang menunjukkan bagaimana perbedaan dua kota tersebut kini dan 72 tahun lalu. Minasan bisa melihatnya dibawah ini

 

street in the hirsoshima

hiroashima genbaku dome

 

Source : Diambil dari berbagai sumber

Shared By :

🌟 NEXS Japanese Language Center 🌟
Kursus Bahasa Jepang di Surabaya (Kelas Regular & Private)
Conversation Class Bahasa Jepang di Surabaya
Kelas Persiapan JLPT di Surabaya
Kelas Bahasa Jepang ONLINE
Konsultasi pendidikan ke Jepang di Surabaya
Jasa Penerjemahan Bahasa Jepang di Surabaya
Program Study Tour ke Jepang

Head Office NEXS Japanese Language Center
Komplek Ruko Transmart Rungkut Blok A-25
Jl. Raya Kalirungkut No. 23 Surabaya 60293
TELEPHONE: (031)8781033
WA : 081335555002
ID LINE: nexs.center
e-mail: [email protected]
website: www.nexs.co.id