WeCreativez WhatsApp Support
こんにちは!NEXS memiliki program kelas Privat Online/Offline, Reguler (Basic-Intermediate-Advance), JLPT, Conversation Class, Study In Japan, Translate dan Penerjemah.
Ingin tahu info lebih lanjut?
careworker

Peluang Kerja Sebagai Perawat Lansia di Jepang part 2

2 minggu lalu kita membahas soal peluang kerja sebagai Careworker atau kaigofukushishi dan kini akan melanjutkan perihal soal syarat untuk menjadi Careworker atau kaigofukushishi.

Menjadi careworker atau kaigofukushishi tidak sama dengan suster atau perawat yang bekerja di rumah sakit. Careworker tidak melakukan tindakan medis sehingga pelamarnya tidak perlu memiliki latar bekalang sekolah keperawatan. Untuk lebih jelasnya, berikut persyaratan untuk menjadi careworker:

Usia, lulusan SMA/ SMK bisa langsung mendaftar untuk program ini, namun usia 35 tahun adalah batas maksimal pada saat keberangkatan, sehingga lebih baik menghitung usia terlebih dahulu dan pastikan tidak melebihi 35 tahun di jadwal keberangkatan ke jepang.

Kemampuan bahasa, tidak perlu bahasa jepang yang advanced untuk melamar kerja posisi ini. Namun setidaknya bisa berbahasa jepang dasar untuk keperluan komunikasi sehari – hari dan saat proses seleksi pun ada tes bahasa jepang.

Latar belakang pendidikan, memang lulusan SMA/ SMK bisa diterima namun jika lulusan pendidikan D3/ S1 keperawatan akan lebih mudah di proses seleksi berkas.

Keahlian khusus, tidak dibutuhkan keahlian khusus agar bisa lolos seleksi. Hanya saat wawancara harus menunjukkan sikap empati yang tinggi sebab pekerjaan membutuhkan sikap perhatian kepada lansia. Jika lolos, akan ada beberapa pelatihan yang bisa di ikuti seperti pelatihan bahasa, pengatahuan medis dan lainnya yang menunjang profesi careworker.

Syarat administrasi, berkas dan dokumentasi apa saja yang dibutuhkan sebagai pelengkap:

  • Kartu tanda pengenal (KTP)
  • Ijazah dan transkrip nilai dari pendidikan terakhir yang diterjemahkan ke dalam bahasa inggris
  • Passport
  • Surat kemampuan berbahasa jepang
  • Surat keterangan sehat
  • Dan surat pernyataan bermaterai yang menyebutkan bahwa bersedia ditempatkan sebagai tenaga careworker (kaigofukushishi) di jepang

Tertarik untuk menjadi careworker atau kaigofukushishi? Maka sebelum melamar lowongan ini, pastikan sumbernya valid dan legal. Sumber yang valid dan lengkap belum tentu berasal dari pihal yang legal sehingga jika terjadi  sesuatu akan bingung minta konfirmasinya sedangkan pihak yang resmi pun tidak semuanya memberikan informasi lengkap oleh sebab itu cari tahu kontak yang dapat dihubungi.

Pihak-pihak yang menginformasikan lowongan biasanya sekaligus memberi tahu gaji careworker di Jepang. Mereka bisa berasal dari lembaga pemerintahan, korporasi, atau penyalur tenaga kerja swasta yang resmi. Banyak juga orang yang mendapatkan informasi ini di event job fair atau pameran pendidikan. Sejumlah pihak yang telah bekerjasama dengan Jepang turut membuka stand di sana sebagai pusat informasi.

Pada saat mencari informasi tentang lowongan dan gaji careworker di Jepang, sebenarnya ada hal lain yang tak kalah penting untuk dicari tahu. Di saat yang bersamaan jangan lupa untuk mengumpulkan informasi terkait visa pekerja dan cara membuatnya. Sebab seseorang tidak dapat menjadi careworker di Jepang apabila tidak memegang visa khusus. Dalam membuat visa pun dibutuhkan persiapan karena ada persyaratan yang harus dipenuhi. Prosesnya juga memakan waktu sehingga harus disiapkan sedari awal.