WeCreativez WhatsApp Support
こんにちは!NEXS memiliki program kelas Privat Online/Offline, Reguler (Basic-Intermediate-Advance), JLPT, Conversation Class, Study In Japan, Translate dan Penerjemah.
Ingin tahu info lebih lanjut?
negara tanpa sampah

Kenapa Jepang Disebut Sebagai Negara Tanpa Sampah?

Jepang adalah salah satu negara maju yang menjadi percontohan bagi negara-negara berkembang di seluruh belahan dunia. Selain karena berhasil mengembangkan teknologi yang mampu mengubah dunia, Jepang juga disebut sebagai salah satu negara yang masyarakatnya sangat disiplin dalam segala hal, termasuk untuk menjaga kebersihan.

Bukan rahasia lagi jika hampir semua warga Jepang memiliki disiplin tinggi dalam kebersihan. Bahkan, Jepang juga sering dijuluki sebagai negara tanpa sampah. Hebatnya lagi, ada sebuah kota bernama Kamikatsu yang diklaim sebagai kota bersih dengan nol sampah karena masyarakat setempat sadar betul bahwa kebersihan adalah hal yang tidak bisa ditawar.

Negara Tanpa Sampah

Lantas, apa yang menyebabkan masyarakat Jepang begitu peduli dengan kebersihan kota dan negaranya?

Telisik punya telisik, alasan Jepang terbebas dari sampah adalah karena kepercayaan yang mereka anut. Ya, seperti diketahui, Jepang adalah negara yang mayoritas masyarakatnya adalah beragama Shinto. Dalam ajarannya, agama Shinto mengajarkan bahwa kebersihan adalah salah satu cara mendekatkan diri pada Tuhan.

Hal tersebut juga disimbolkan oleh Onusa, sebuah alat ritual berupa tongkat yang diberi kertas putih yang menyerupai kemoceng. Kebersihan dan kesucian adalah hal yang tidak bisa dipisahkan. Oleh karenanya, tak heran jika pemeluknya memberikan pengaruh besar bagi kebersihan Jepang.

Selain itu, ada faktor lain yang menyebabkan Jepang selalu nampak bersih, yakni pola pendidikan yang diterapkan. Sejak dini, anak-anak di Jepang selalu dibiasakan untuk selalu menjaga kebersihan dengan serangkaian aktivitas bersih-bersih lingkungan. Budaya bersih ini dipupuk sedari mereka masih usia belia sehingga sampai dewasa kebiasaan bersih itu masih melekat dalam diri dan diajarkan pada generasi selanjutnya.

Saat sedang piknik pun, masing-masing keluarga menyiapkan kantong plastik sendiri untuk menaruh sampah mereka. Kesadaran masyarakat Jepang ini diklaim sebagai salah satu alasan yang menjadikan Jepang sebagai negara maju.

Lebih dari itu, pemerintah setempat juga sangat memfasilitasi masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan. Di sudut-sudut jalan, terdapat beberapa tempat sampah yang terbagi dalam beberapa kategori sehingga sampah-sampah tidak tercampur agar lebih mudah untuk didaur ulang.

Nah, itulah rahasia kenapa Jepang sangat bersih. Tak lain karena budaya bersih yang layak diacungi jempol dan patut dijadikan percontohan bagi negara-negara lainnya.