WeCreativez WhatsApp Support
こんにちは!NEXS memiliki program kelas Privat, Reguler (Basic-Intermediate-Advance), JLPT, Conversation, Study In Japan, Translate dan Penerjemah.
Ingin tahu info lebih lanjut?

6 Alasan Warga Jepang Rela Jalan di Trotoar

oleh | Des 1, 2019 | Budaya | 0 Komentar

Ribuan pejalan kaki menyisir jalanan di tengah perkotaan dengan tergesa – gesa. Semuanya terlihat begitu sibuk dengan tujuan masing – masing. Mereka tampak membukan obrolan dengan teman, ada pula yang membaca koran ketika lampu merah menyala. Menyebar seperti semut hitam kala rambu lalu lintas menyala hijau.

Potongan adegan di tengah perkotaan jepang ini mungkin pernah kamu lihat di film – film dengan kondisi kota besar jepang.

Masayarakat jepang mempunyai beberapa alasan kenapa masyarakatnya rela jalan di trotoar, berbeda dengan kondisi masyarakat indonesia yang lebih suka mengendarai kendaraan pribadi kemanapun, berikut alasan warga jepang rela jalan di trotoar.

–  Tidak banyak alternatif transportasi umum

Taksi hanya berguna bagi karyawan berdompet tebal karena tarif yang mahal. Di tambah mobil dan bahan bakar di jual dengan harga yang begitu mahal.
Dalam kondisi tersebut, banyak warga memilih berjalan kaki untuk menjalani aktivitas hariannya dan mengandalkan bus dan kereta sebagai transportasi umum. Para pedestrian itu juga harus membagi lajur trotoar dengan mereka yang memilih mengendarai sepeda untuk mencapai lokasi tujuan.
Salah satu alasan kuat masyarakat jepang memilih berjalan ketimbang berkendara disebabkan mahal nya biaya membuat surat izin berkendara.

– Tingkat Keamanan Yang Baik

Pengguna trotoar di jepang tidak kenal waktu dan kondisi. Warga negeri sakura berjalan kaki di jalur pedestrian pada pagi, siang dan malam hari serta dalam kondisi lampu jalan yang terang maupun temaram. Itu terjadi karena jepang merupakan salah satu negara paling aman di dunia.
Kehidupan warga disana sebagian besar bebas dari aneka jenis kejahatan, baik berat maupun ringan, oleh karenanya, pejalan kaki tidak terlalu khawatir terhadap aksi begal atau copet.

– Tingkat Polusi Udara Yang Rendah

Jepang merupakan salah satu negara dengan tingkat polusi udara yang rendah. Pencapaian itu adalah buah penerapan paket regulasi diet polusi udara yang diterbirkan pada tahun 1970. Saat itu sebanyak 14 undang – undang anti polusi udara di sahkan sekaligus.
Berkat langkah itu, warga jepang kini dapat menikmati udara segar di area terbuka, termasuk dijalur pedestrian.

– Tidak Banyak Gangguan Di Trotoar

Pengguna trotoar ini memang benar – benar diperuntukkan bagi pejalan kaki dan pesepeda. Tidak ada unsur lain yang merebut jalur pedestrian dari dua kelompok itu.
Memang dalam perhelatan acara tertentu, misalnya, saat musim festival kembang api di musim panas, sejumlah stan dan penjaja makanan berbaris ditepi trotoar. Namun kehadirannya tidak mungkin berada di jalur trotoar yang sempit dan tidak sampai memakan separuh jalan.

– Lalu Lintas Kendaraan Bermotor Yang Tertib

Trotoar yang sesak oleh pejalan kaki di jalanan kota – kota di jepang tidak dapat dipisahkan dari laku tertib pengguna kendaraan bermotor. Para pengendara itu benar – benar mematuhi rambu dan lampu lalu lintas.
Hampir tidak ada pejalan kaki yang merasa terancam kendaraan bermotor saat menyebrang jalan. apalagi jumlah kendaraan bermotor yang lalu lalang tidak pernah menimbulkan kemancetan yang mengganggu pejalan kaki.

– Kesadaran Akan Berjalan Kaki Yang Dapat Menjaga Kesehatan

Warga jepang menyakini, dengan sering berjalan kaki, maka kesehatan mereka akan senantiasa terjaga. kenyakinan ini dimiliki oleh hampir semua penduduk dari berbagai kalangan usia.
anak mudanya berjalan kaki dengan harapan dapat membakar kalori untuk menurunkan berat bada. sementara orang tua berharap akan perlambatan penuaan dari aktivitas fisik ringan yang dijalani seperti berjalan kaki.

Ternyata perbaikan infrastruktur bukan satu – satunya alasan bagi kita untuk rela berjalan kaki di trotoar. Mungkin dari kita akan berkata kapan Indonesia diet polusi paling tidak kita mulai turun kejalan dengan berjalan kaki atau bersepeda membakar kalori bukannya bermotoran membakar bahan bakar.

 

 

Konsultan Pendidikan Profesional dan Terpercaya di Indonesia, NEXS Japanese Language Center

Dapatkan FREE TRIAL JAPANESE CLASS berdurasi 60 menit dengan materi pembelajaran pengenalan Bahasa Jepang, pengenalan Huruf Kana serta simulasi JLPT

NEXS Japanese Language Center, Pilihan tepat Belajar Bahasa Jepang di Surabaya!

🌟 NEXS Japanese Language Center 🌟
Kursus Bahasa Jepang di Surabaya (Kelas Regular & Private)
Conversation Class Bahasa Jepang di Surabaya
Kursus Bahasa Jepang Online
Study in Japan

Kelas Persiapan JLPT di Surabaya
Kelas Bahasa Jepang ONLINE
Konsultasi pendidikan ke Jepang di Surabaya
Jasa Penerjemahan Bahasa Jepang di Surabaya
Program Study Tour ke Jepang

Head Office NEXS Japanese Language Center:
Komplek Ruko Transmart Rungkut Blok A-25
Jl. Raya Kalirungkut No. 23 Surabaya 60293
TELEPHONE: (031)8781033
WA : 081335555002
ID LINE: nexs.center
e-mail: [email protected]
website: www.nexs.co.id