ULANG TAHUN SPESIAL ALA JEPANG

Pada artikel ini, NEXS Japanese Language Center akan membahas tentang nama ulang tahun spesial dalam bahasa Jepang. Ada beberapa ulang tahun yang memiliki nama khusus dalam bahasa Jepang, meskipun mayoritas merupakan permainan kata (atau permainan kanji) daripada arti harfiah.

還 暦 ( か ん れ き-kanreki) berarti berusia 60 tahun. 還 berarti ‘kembali’ dan 暦 berarti ‘kalender’. Sistem Cina untuk penamaan tahun setelah dua belas hewan terkenal, tetapi ada yang kurang dikenal bernama siklus sepuluh ‘batang surgawi’. Rincian ini adalah untuk hal yang berbeda, namun kedua sistem menggabungkan bersama-sama untuk menciptakan sebuah siklus 60 tahun. Oleh karena itu, setelah 60 tahun Anda hidup melalui satu siklus penuh, dan kalender mengembalikan kembali ke awal lagi.

古 希 (こ き-koki) berusia 70 tahun.古 ‘tua’, tapi bukan orang yang berusia tua,melainkan berarti ‘lama’.希 berarti ‘keinginan’ biasanya, tetapi dapat berarti ‘langka’ pada konteks ini. Cara menulis kanji ini sebenarnya 稀, tapi 稀 sekarang biasanya disingkat 希. Kata ini berasal dari sebuah puisi:

酒 債 は 尋常 行 く 処 に 有 り 人生 七十 古来 稀 な り

Di mana-mana aku pergi, tab bar adalah hal yang umum ada di sana; seorang pria yang berusia hampir 70 merupakan hal yang langka sejak dulu.

喜 寿 (き じ ゅ-kiju) adalah 77. 寿 berarti ‘hidup (panjang umur)’.喜 berarti ‘menyenangkan’, dan di Jepang memiliki bentuk menyingkat yang terlihat seperti 七 十七 (7, 10 dan 7: 77) diatur sebagai satu karakter.

傘 寿 (さ ん じ ゅ-sanju) adalah 80. 傘 berarti ‘payung’ mungkin tampak seperti pilihan yang aneh, tetapi karakter dapat disingkat 仐, yang berarti 八 (8) dan 十 (10), maka 80.

米 寿 ( べ い じ ゅ-beiju) adalah 88. Mengapa 米, yang berarti ‘beras’? Sekali lagi itu bentuk karakter. Atas dua strip membentuk 八 terbalik, salib adalah 十 dan bawah dua garis membentuk 八 kedua. 88!

卒 寿  (そ つ じ ゅ-sotsuju) adalah 90. Ini sedikit terlambat untuk lulus, tapi 卒 (paling sering terlihat di 卒業 (そつぎょう-sotsugyou yang berarti kelulusan)) dapat disingkat 卆, yang  terdiri atas九 (9) dan 十 (10).

白 寿 ( は く じ ゅ-hakuju) adalah 99. 白, berarti ‘putih’, tidak disingkat apa pun yang menyerupai angka kanji. Jika 百 adalah 100 dan 一 adalah 1, menghapus 1 dari 100 menjadikannya 99; menghapus 一 dari 百 menjadikan 白. Oleh karena itu, 白 berarti 99. Jelas sekali.

Ada nama khusus untuk usia lain juga, tapi ini adalah yang paling umum. Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa usia biasanya didasarkan pada metode lama menghitung tahun: bayi baru lahir adalah berumur satu saat lahir, dan Anda menambahkan satu tahun di tahun baru. Jadi Anda benar-benar 米 寿 di umur 87.

Bagaimana menurut Anda, Minna-san? Bahasa Jepang sangat menarik, kan? Mengapa tidak bergabung dengan kelas bahasa Jepang di NEXS Japanese Language Center? Minna-san dapat belajar bahasa Jepang dengan guru profesional kami dan memperdalam pengetahuan tentang budaya Jepang, dengan harga yang sangat terjangkau! Datang dan bergabung dengan kelas kami sekarang! See you very soon! ^ _ ^

(Quoted with changes from https://advanced-japanese-for-beginners.blogspot.co.id/2016/03/special-birthdays.html)

Dapatkan FREE TRIAL JAPANESE CLASS berdurasi 60 menit dengan materi pembelajaran pengenalan Bahasa Jepang dan pengenalan Huruf Kana🙌🙏🙌🙏

🌟 NEXS Japanese Language Center 🌟
Kursus Bahasa Jepang di Surabaya (Kelas Regular & Private)
Conversation Class Bahasa Jepang di Surabaya
Kelas Persiapan JLPT di Surabaya
Kelas Bahasa Jepang ONLINE
Konsultasi pendidikan ke Jepang di Surabaya
Jasa Penerjemahan Bahasa Jepang di Surabaya
Program Study Tour ke Jepang

Head Office NEXS Japanese Language Center
Komplek Ruko Transmart Rungkut Blok A-25
Jl. Raya Kalirungkut No. 23 Surabaya 60293
TELEPHONE: (031)8781033
WA : 081335555002
ID LINE: nexs.center
e-mail: [email protected]
website: www.nexs.co.id