Resep Nikujaga Khas Jepang yang Lezat

oleh | Okt 13, 2017 | Wisata Jepang | 1 Komentar

Nikujaga adalah masakan khas Jepang sejenis semur daging yang ada di Indonesia. Nikujaga ini dibuat dari daging, kentang dan bawang bombay, direbus agar manis dengan bumbu gula, kecap asin dan mirin. Di Jepang bagian barat, daging yang digunakan adalah daging sapi dengan kentang jenis Mayqueen. Sedangkan di Jepang bagian timur menggunakan daging babi dengan kentang jenis Danshaku. Nikujaga berasal dari masakan stew daging yang dihidangkan oleh angkatan laut Kerajaan Inggris. Makanan ini bergizi seimbang sehingga dijadikan makanan di angkatan laut Jepang dan meluas di kalangan rakyat Jepang.

Selain itu, Nikujaga dan Kareraisu (nasi kari) merupakan salah satu contoh “masakan mama” (ofukuro no aji) yang mengingatkan orang Jepang pada masakan ibu ketika si anak masih kecil. Ibu-ibu di Jepang biasanya memiliki resep dan cara memasak Nikujaga yang unik, sehingga si anak biasanya tidak akan melupakan rasa masakan ibunya. Sebagai variasi dan agar masakan terlihat menarik bisa ditambahkan kacang polong dan potongan wortel. Nah, bagi Anda yang penasaran dengan resep nikujaga ini….? Berikut ini kami bagikan resep nikujaga khas Jepang yang lezat untuk Anda.

Bahan Nikujaga :

  • 500 gram kentang
  • 250 gram daging sapi
  • 100 gram wortel
  • 400 ml air

Bumbu Nikujaga :

  • 2 butir bawang bombay, belah 8 bagian
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdm katsuodasi (sari ikan)

Cara Membuat Nikujaga :

  1. Kupas kentang, cuci, potong kotak, lalu rendam di dalam air agar tidak mudah hitam. Iris tipis daging sapi, cuci, tiriskan. Kupas wortel, cuci, lalu potong melintang
  2. Rebus air hingga mendidih. Lalu masukkan daging sapi, masak hingga empuk. Tambahkan kentang dan wortel, masak hingga setengah matang
  3. Tambahkan bawang bombay dan bumbu lainnya, lalu tutup pancinya. Biarkan mendidih selama 5 menit, kemudian masak dengan api kecil hingga semua bahan matang, angkat.
  4. Sajikan nikujaga selagi hangat

Itulah resep nikujaga khas Jepang yang lezat dan bisa Mina-san coba resep nya dirumah. Sekarang Mina-san tidak perlu pergi jauh-jauh ke Jepang jika Mina-san ingin menikmati nikujaga ini karena Anda bisa membuatnya sendiri dirumah dengan mengikuti resep nikujaga yang kami bagikan ini.

Source : Diambil dari berbagai sumber

Shared By :

🌟 NEXS Japanese Language Center 🌟
Kursus Bahasa Jepang di Surabaya (Kelas Regular & Private)
Kursus Bahasa Jepang Online
Studi ke Jepang

Conversation Class Bahasa Jepang di Surabaya
Kelas Persiapan JLPT di Surabaya
Kelas Bahasa Jepang ONLINE
Konsultasi pendidikan ke Jepang di Surabaya
Jasa Penerjemahan Bahasa Jepang di Surabaya
Program Study Tour ke Jepang

Head Office NEXS Japanese Language Center
Komplek Ruko Transmart Rungkut Blok A-25
Jl. Raya Kalirungkut No. 23 Surabaya 60293
TELEPHONE: (031)8781033
WA : 081335555002
ID LINE: nexs.center
e-mail: [email protected]
website: www.nexs.co.id