fbpx
Hiragana

Perbedaan Hiragana dan Katakana

Bicara mengenai Jepang, negeri bunga Sakura tentu saja tak akan ada habisnya ya. Banyak sekali yang bisa dibahas mengenai Jepang mulai dari kulinernya, budayanya, anime, hingga bahasa Jepang. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Bahasa Jepang yaitu tepatnya kami akan membahas mengenai hiragana dan juga katakana. Jadi jika anda saat ini sedang belajar Bahasa Jepang maka anda harus mempelajari juga mengenai Hiragana dan Katakana dan tahu apa perbedaannya. Berikut merupakan perbedaan Hiragana dan Katakana yang harus anda ketahui. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Perbedaan bentuk 
Ketika anda mulai belajar Bahasa Jepang maka tentu saja anda juga harus tahu mengenai perbedaan keduanya. Perbedaan yang pertama terletak pada bentuknya. Yang pertama kita akan membahas mengenai huruf Hiragana, untuk bentuk dari huruf Hiragana ini lebih membulat sedangkan untuk bentuk huruf dari Katakana bentuknya agak menyudut atau memiliki banyak sudut tajam. Lebih mudah untuk mengingatnya jika huruf Hiragana ini lebih luwes sedangkan untuk huruf Katakana ini lebih kaku bentuknya. 

2. Perbedaan sejarah 
Banyak sekali yang bisa dibahas mengenai Bahasa Jepang. Salah satunya adalah Hiragana dan juga Katakana. Jika tadi sudah membahas sekilas mengenai perbedaan dari bentuknya maka sekarang kami akan mengajak anda juga untuk mengetahui perbedaan sejarah dari keduanya. Untuk huruf yang pertama yaitu Hiragana sendiri merupakan jenis huruf Jepang yang usianya lebih tua dari Katakana, karena lebih dulu muncul. Hiragana sendiri digunakan sejak abad ke-1 Masehi di Jepang. Sedangkan untuk huruf Katakana baru muncul di Jepang tahun 1000 Masehi.

3. Perbedaan dalam penggunaan 
Kemudian apa perbedaan Hiragana dan Katakana yang kedua? Selain dari perbedaan bentuk seperti yang sudah kami bahas di atas tadi maka perbedaan kedua yang bisa kita temukan adalah pada penggunannya. Dimana letak perbedaan penggunaan dari kedua jenis huruf ini? Untuk huruf Hiragana ini digunakan jika anda ingin menulis kata-kata yang asalnya dari Bahasa Jepang asli. Sedangkan jika huruf Katakana ini digunakan ketika anda ingin menulis kata-kata yang berasal dari luar Bahasa Jepang. Huruf Katakana ini digunakan untuk menulis kata dalam bahasa asing atau kata serapan. 
Selain itu perbedaan yang lain adalah huruf Hiragana ini sifatnya lebih normal dan umum, biasanya orang Jepang menggunakan huruf Hiragana ini untuk menulis surat atau untuk menulis buku. Sedangkan orang Jepang menggunakan Katakana untuk singkatan-singkatan bahasa atau untuk menulis serapan seperti yang kami jelaskan tadi. 

4. Perbedaan dalam penulisan 
Yang keempat kami juga akan membahas mengenai perbedaan dalam penulisannya. Baik untuk huruf Katakana atau Hiragana in sama-sama digunakan untuk menulis suku kata di dalam Bahasa Jepang. Sehingga setiap huruf membawa suku kata misalnya o atau bulat.
Itulah beberapa informasi yang bisa kami bahas mengenai apa saja perbedaan Hiragana dan Katakana. Jika anda sedang mempelajari Bahasa Jepang maka kami menyarankan supaya anda benar-benar memahami bagaimana penggunaan dari huruf Hiragana atau Katakana, sehingga bisa tahu perbedannya dan dapat menggunakannya dengan benar. Jika ingin cepat dalam belajar Bahasa Jepang maka anda bisa mengikuti kursus online Bahasa Jepang atau belajar Bahasa Jepang secara otodidak melalui menonton film Jepang atau sering mendengarkan lagu Jepang. Semoga artikel yang kami sampaikan kali ini bisa berguna dan juga bermanfaat bagi anda semuanya yang ingin fasih dalam berbahasa Jepang!

×

こんにちは!NEXS memiliki program kelas Privat Online/Offline, Reguler (Basic-Intermediate-Advance), JLPT, Conversation Class, Study In Japan, Translate dan Penerjemah.

× Chat Kami...