fbpx

Keunikan Matcha Minuman Hijau dari Jepang

Jepang terkenal dengan budayanya yang kaya, termasuk tradisi minum tehnya yang telah tertanam selama berabad-abad. Berbagai jenis teh diproduksi di Jepang, masing-masing dengan cita rasa, aroma, dan cara penyajian yang unik.

Ada beberapa jenis teh yang populer di Jepang, antara lain : Sencha, Gyokuro, Hojicha, Genmaicha, dan Mugicha. Selain itu matcha dan green tea juga merupakan dua jenis teh hijau yang sangat populer di Jepang dan seluruh dunia dikarekan matcha adalah jenis teh hijau yang digiling halus menjadi bubuk sedangkan green tea mengacu pada teh hijau pada umumnya.

Baik matcha maupun green tea memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Dengan membahas matcha mari kita menjelajah keunikan teh Jepang untuk menjadikan pengalaman serta membuka wawasan mengenai tradisi dan budaya minum teh di negara ini.

Apa itu matcha?

Matcha merupakan bubuk teh hijau khusus dari Jepang yang diproduksi dengan cara menggiling daun teh hijau hingga halus. Dimana proses pembuatan teh tersebut melibatkan penutupan tanaman sebelum dipanen sehingga memicu pertumbuhan daun yang lebih gelap dan meningktakan kandungan klorofil serta nutrisi.

Secara tradisional, matcha disajikan sebagai minuman teh yang kaya akan antioksidan dan memiliki rasa yang unik bagi para penikmat teh. Tidak hanya teh saja bahkan gilingan teh tersebut juga menjadi favorit untuk pembuatan kue, es krim, smothies bahkan cokelat.

Perbedaan matcha dan green tea

Matcha dan green tea mempunyai kesamaan berasal dari daun teh hijau namun memiliki perbedaan yang sangat mencolok seperti halnya matcha yang berasal dari bubuk teh hijau yang digiling halus sedangkan green tea adalah minuman teh yang dibuat dengan meyeduh daun teh kedalam air panas. Selain itu, perbedaan juga terletak pada penyajiannya dan juga konsentrasi nutrisinya.

Dimana dengan menikmati daun teh yang telah digiling halus dapat memberikan pengalaman yang lebih intens untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan sedangkan dengan menyeduh teh dengan air panas menjadikan suguhan minuman yang menyegarkan.

Menikmati matcha: Ritual sederhana untuk Ketenangan

Ritual dalam meminum matcha di Jepang sangatlah unik dan merupakan sebuah tradisi penuh ketenangan dan keindahan. Anda bisa menikmatinya dimanapun termasuk hanya di rumah dapat melakukannya dengan ritual yang sederhana. Pertama, panaskan mangkuk dan saring matcha bubuk.

Kemudian tuangkan air panas maupun whisk (sesuai selera) dengan gerakan zig-zag hingga berbusa. Terakhir, kagumi warna dan aroma tersebut hirup serta nikmati dengan seruput secara perlahan. Ritual ini tidak hanya menghasilkan secangkir matcha yang lezat tetapi juga membawa ketenangan dan sentuhan tradisi Jepang bagi para penikmat teh tersebut.

Kreasi unik matcha yang hanya ada di Jepang

Kecintaan terhadap matcha telah mengilhami berbagai kreasi yang unik dan menarik. Salah satu kreasi yang hanya ditemukan di Jepang adalah “matcha parfait” sejenis dessert yang terdiri dari lapisan-lapisan es krim matcha, bubuk matcha, mochi, kacang-kacangan dan berbagai hiasan lainnya. Parfait sendiri merupakan sebuah simbol dari kreativitas dan kecintaan Jepang terhadap matcha.

Selain itu, Jepang juga mempunyai “matcha soba” dimana hal tersebut merupakan mie soba yang dibuat dengan mencampurkan bubuk matcha ke dalam adonan mie dengan memberikan rasa dan warna yang unik kedalam mie tersebut. Jepang juga dikenal dengan “matcha art latte” dimana para barista menggunakan keterampilan mereka untuk menggambarkan desain-desain yang cantik diatas latte dengan menambahkan elemen seni pada minuman sehari-hari.

Semua kreasi ini merupakan hasil kreativitas tak tebatas Jepang dalam mengelola bubuk teh menjadi berbagai bentuk rasa dan unik dan memikat para penikmatnya.

Kesimpulan

Teh hijau bubuk khas Jepang ini semakin populer karena keunikannya dibandingkan teh lainnya. Rasa dan aromanya yang istimewa dengan memiliki kandungan nutrisi tinggi, berbagai manfaat kesehatan beragam, fleksibilitas terhadap penggunaan, serta nilai budaya dan tradisi menjadikannya pilihan menarik bagi pecinta teh yang ingin hidup lebih sehat dan mindful.

Oleh karena itu, ketika dipertimbangkan bersama-sama rasa yang lezat dan manfaat kesehatan yang melimpah serta citra budaya yang kuat menjadikan matcha pilihan yang tak tergantikan bagi banyak orang yang mengungguli minuman teh lainnya dalam preferensi mereka.

Tinggalkan Komentar

×

こんにちは!NEXS memiliki program kelas Privat Online/Offline, Reguler (Basic-Intermediate-Advance), JLPT, Conversation Class, Study In Japan, Translate dan Penerjemah.

× Chat Kami...