Jangan Lakukan Ini dengan Orang Jepang !

oleh | Sep 25, 2017 | Budaya | 1 Komentar

Di Indonesia, banyak sekali perusahaan Jepang maupun turis asing yang berasal dari Jepang sehingga orang-orang Jepang pun cukup banyak apalagi di pulau Jawa. Sebagai orang yang berasal dari negara maju entah mengapa mereka pasti menjadi orang-orang yang digemari oleh orang Indonesia untuk menjadi kawan bahkan sahabat. Namun tak jarang persinggungan budaya yang berbeda menyebabkan orang Indonesia susah bersahabat bahkan sekedar berteman dengan orang Jepang. Akhirnya yang keluar adalah ‘gagal maneng gagal maneng son’.

Berikut ini adalah hal-hal yang kurang lebih bisa dijadikan ‘patokan’ agar orang Jepang bisa akrab dengan kita atau paling tidak kita diterima deh.  Ok check it out !

  1. Naik motor

naik motor

Jepang merupakan negara produsen otomotif terbesar di Asia atau dapat dikatakan sih salah satu yang terbesar di dunia. Namun tau gak sih? Orang Jepang itu apalagi cewek Jepang jarang banget yang pernah naik sepeda motor. Jadi nanti mereka misalnya naik motor pun gak tau ketika dibonceng kaki harus ditaruh mana, kalau diatas kecepatan 60km/jam pun mereka akan jadi bingung mau pegangan kemana, secara orang Jepang sangat pemalu (sopan) jika pertama kali bertemu dengan orang lain. Dan alasan kenapa gak mau naik motor sih kata mereka, rata-rata orang Jepang berpikir kalau sepeda motor itu kurang ‘safe’ waktu di jalan. Padahal mereka sendiri kan yang buat.. hadoohh xD

So, kalau ngajak orang Jepang buat jalan-jalan di Indo, sebisa mungkin jangan naik motor deh karena mereka tidak suka, walaupun boleh saja sih kalau misalnya ingin memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi orang Jepang. Nanti headline di kepala mereka mungkin saja misalnya jadi ‘naik motor pertama kali di Indonesia dengan Pak Parjo’, nah kalau udah gitu bakal terkenang selalu kan di otak orang Jepang 😀

  1. Berterus Terang

Sama halnya seperti orang Jawa yang sangat tidak suka untuk berterus terang, orang Jepang juga begitu. Jadi jika bertemu dengan orang Jepang apalagi baru pertama kali jangan coba-coba bicara terlalu terus terang, apalagi menyuruh dia bicara secara terus terang dengan anda, karena itu akan membuat dia merasa tidak nyaman. Bahkan yang terparah tidak akan mau bertemu dengan anda lagi. Kan susah nanti xD.. hehe…

So, kalau ngobrol dengan orang Jepang harus pandai mengerti ungkapan-ungkapan pragmatik mereka soalnya mereka hanya pakai perasaaan ketika ngobrol.

  1. Telat

Late

Di Indonesia sudah menjadi semacam tradisi atau budaya jika berjanji kepada seseorang pukul 13.00 maka ketemuannya pukul 13.05 bahkan bisa juga sampai terlambat 30 menit. Ini adalah suatu hal yang lumrah memang bagi orang Indonesia, karena janjian dan datang tepat waktu itu hanya berlaku di pabrik atau pun waktu sekolah..hehe.. Intinya sih di Indonesia ketika janjian maka presentase untuk datang tepat waktu sangatlah kecil. Hal ini sangat bertolak belakang dengan kebiasaan orang Jepang yang tepat waktu banget deh pokoknya. Bahkan di Jepang sendiri waktu telat transportasi umum dihitung berdasarkan detik bukan menit. Jadi bisa dibayangkan bagaimana tepat waktunya orang Jepang. Ya tentu aja sih, kalau misalnya kalian janjian dengan orang Jepang dan telat kalian gak akan dimarahi (mungkin :p) karena orang Jepang bersifat gampang ‘sungkan’. Tapi ketika mereka diajak janjian lagi, saya gak jamin deh mereka akan dengan senang hati menerimanya lagi.

Yups, gitu deh sekilas info tentang hal-hal yang ‘warning’ gitu buat dilakuin dengan orang Jepang. So, inget baik’’ ya ^^ mata aimashou 😀

By : Rezza R. Pahlevi NEXS TEAM

Shared By :

🌟 NEXS Japanese Language Center 🌟
Kursus Bahasa Jepang di Surabaya (Kelas Regular & Private)
Kursus Bahasa Jepang Online
Conversation Class Bahasa Jepang di Surabaya
Kelas Persiapan JLPT di Surabaya
Kelas Bahasa Jepang ONLINE
Konsultasi pendidikan ke Jepang di Surabaya
Jasa Penerjemahan Bahasa Jepang di Surabaya
Program Study Tour ke Jepang

Head Office NEXS Japanese Language Center
Komplek Ruko Transmart Rungkut Blok A-25
Jl. Raya Kalirungkut No. 23 Surabaya 60293
TELEPHONE: (031)8781033
WA : 081335555002
ID LINE: nexs.center
e-mail: [email protected]
website: www.nexs.co.id