WeCreativez WhatsApp Support
こんにちは!NEXS memiliki program kelas Privat, Reguler (Basic-Intermediate-Advance), JLPT, Conversation, Study In Japan, Translate dan Penerjemah.
Ingin tahu info lebih lanjut?

Lampu lalu lintas umumnya terdiri dari tiga warna, yakni merah berati berhenti, kuning artinya siap-siap, dan hijau artinya jalan. Tapi di Jepang, ternyata kesepakatan hukum internasional di bawah Konvensi Wina tentang Tanda dan Sinyal Jalan yang telah diratifikasi oleh 74 negara ini “diingkari”.

Pasalnya,  lampu lalu lintas yang dibanyak negara berwarna hijau, di Jepang justru diganti dengan warna biru. Kenapa ?

Menurut catatan sejarah, ratusan tahun yang lalu, bahasa Jepang hanya menyertakan empat warna dasar: hitam, putih, merah, dan biru. Untuk menggambarkan sesuatu yang hijau, orang Jepang akan menggunakan kata itu untuk huruf biru – “ao” – hal ini terus berlangsung hingga akhir milenium pertama, ketika kata “midori” (awalnya berarti “tunas”) mulai muncul secara tertulis untuk menggambarkan warna hijau.

Hingga sekarang kata midori dianggap sebagai naungan ao. Pengalihan tiba-tiba ini memiliki efek abadi di Jepang. Hari ini Anda masih akan melihat warna hijau yang diberi label biru. Seorang penjual buah mungkin akan menjual sebuah ao-ringo (apel biru) hanya untuk mengecewakan Anda bahwa itu sebenarnya hijau.

Penyebutan hijau dengan “ao” ini setidaknya berlangsung sampai ada kata “midori” yang berarti tunas (hijau) mulai muncul di berbagai tulisan untuk menggamarkan warna hijau.

Namun, ternyata urusan pembahasan warna ini tak berhenti begitu saja setelah ada kata “midori”. Karena dalam bahasa Jepang, midori dianggap ada dalam naungan “ao”. Jadi secara teknis, hijau tetap dikatakan biru.

Rumitnya aturan warna ini sempat membuat pemerintah Jepang mendapat tekanan dari berbagai negara. Hingga akhirnya, Jepang melakukan inovasi dengan membuat lampu lalu lintas biru danhijau-kombinasi yang dikenal sebagai tanda sinyal “grue” atau”blee” dan berlaku sampai sekarang.

Jika suatu saat Minasan berkunjung ke Jepang dan menemukan lampu lalu lintas berwarna biru, jangan kaget ya karena itu tanda Anda harus melanjutkan perjalanan. 😉

Konsultan Pendidikan Profesional dan Terpercaya di Indonesia, NEXS Japanese Language Center

Dapatkan FREE TRIAL JAPANESE CLASS berdurasi 60 menit dengan materi pembelajaran pengenalan Bahasa Jepang, pengenalan Huruf Kana serta simulasi JLPT

NEXS Japanese Language Center, Pilihan tepat Belajar Bahasa Jepang di Surabaya!

🌟 NEXS Japanese Language Center 🌟
Kursus Bahasa Jepang di Surabaya (Kelas Regular & Private)
Conversation Class Bahasa Jepang di Surabaya
Kelas Persiapan JLPT di Surabaya
Kelas Bahasa Jepang ONLINE
Konsultasi pendidikan ke Jepang di Surabaya
Jasa Penerjemahan Bahasa Jepang di Surabaya
Program Study Tour ke Jepang

Head Office NEXS Japanese Language Center:
Komplek Ruko Transmart Rungkut Blok A-25
Jl. Raya Kalirungkut No. 23 Surabaya 60293
TELEPHONE: (031)8781033
WA : 081335555002
ID LINE: nexs.center
e-mail: [email protected]
website: www.nexs.co.id