Bunga Sakura menjadi salah satu ikon paling populer di Jepang, karenanya Jepang disebut-sebut sebagai Negeri Sakura. Salah satu perayaan yang cukup terkenal di belahan dunia mengenai bunga sakura yaitu hanami. Hanami merupakan penggabungan dua kata dalam bahasa Jepang, yaitu Hana yang berarti ‘bunga’ dan Mi yang berarti ‘melihat’, sehingga hanami merupakan festival melihat atau menikmati mekarnya bunga sakura. Peristiwa mekarnya bunga sakura bagi masyarakat Jepang sangatlah Istimewa, hal ini karena dalam satu tahun bunga sakura hanya mekar selama kurang lebih dua minggu saja di bulan April. Bahkan peristiwa tersebut disiarkan di TV untuk melihat perkembangan mekarnya bunga sakura.

Banyak orang asing yang ingin pergi ke Jepang untuk menikmati keindahan bunga sakura, termasuk juga bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Tapi ada kabar baik nih untuk masyarakat Indonesia yang ingin melihat secara langsung bunga sakura tetapi tidak ada waktu atau biaya untuk pergi ke Jepang, karena di Indonesia pun ada juga bunga Sakura loh, dan lokasinya tidak jauh dari Jakarta, di Cipanas, Cianjur, Jawa Barat kita bisa menikmati musim gugur ala-ala Jepang dengan bunga Sakura pink yang indah. Tepatnya di Kebun Raya Cibodas(Cibodas Botanical Garden) yang terletak di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, kita bisa melihat pohon Sakura yang sudah ditanam sejak tahun 1953.
Di taman seluas sekitar tujuh ribu meter per segi itu, bunga Sakura menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung. Di tempat tersebut, ditanam empat jenis bunga Sakura, yaitu Prunus Cerasoides, Prunus Lannesiana, Prunus Yedoensis, dan Prunus Jamasakura. Jenis Prunus Cerasoides dapat berbunga dua kali dalam setahun, yaitu Januari-Februari dan Agustus-September. Pihak Kebun Raya Cibodas masih mempelajari siklus bermekarannya bunga asal Jepang itu.

sakura-2

Januari-Februari dan Agustus-September tepat buat berwisata disini, sebab, saat ini bunga sakura (Prunus cerocoides) sedang bermekaran, menebarkan warna merah muda di pucuk-pucuk pohon yang ditanam di Taman Sakura. Ada baiknya Anda tidak menunda-nunda waktu berkunjung ke obyek wisata alam ini. Sebab, bunga sakura yang tengah bermekaran itu diperkirakan hanya akan bertahan sampai dua pekan ke depan.
Sekarang Taman Sakura sudah tertata indah, di dasar lembah terdapat sungai kecil, mengalir air dari pegunungan yang jernih dan dingin. Di sisi dan badan sungai dipasangi batu alam membentuk jeram-jeram dan air terjun yang sangat menarik.

Para pelancong dapat berjalan di jalan setapak, menyeberangi sungai melalui jembatan-jembatan kecil yang artistik, sambil menikmati sakura bermekaran. Sudah banyak warga Jepang, Korea, dan lainnya berdatangan melihat bunga sakura di Indonesia, yang dapat berkembang dua kali setahun.

sakura-3

Untuk menikmati Taman Sakura, pengunjung harus masuk ke Kebun Raya Cibodas (KRC) dengan harga tiket masuk Rp 6.000 per orang. Untuk ke KRC tidaklah sulit. Anda yang biasa ke Puncak bisa mengendarai mobil pribadi atau sepeda motor sampai lokasinya di Cibodas. Dari Jakarta dan Bogor, KRC Cibodas berada di jalur Taman Safari-Cipanas. Papan penunjuknya jelas berada di sebelah kanan. Ada pertigaan besar untuk menuju KRC.

Anda yang menggunakan kendaraan umum juga mudah mencapainya. Jika Anda ke sana di hari kerja, dari Jakarta atau Bogor Anda bisa naik bus jurusan Bandung lalu minta turun di Cibodas. Dari pertigaan itu Anda bisa menumpang kendaraan umum atau sewa ojek.

Jadi tunggu apalagi ? liburan keren nggak harus mahal kan 🙂

 

Source :

Nusantara News Jakarta Shinbun’s Online Journal

http://www.traveloista.com

Image source :

http://www.kompasiana.com/rumahkayu/ada-sakura-mekar-salah-musim-di-cibodas_553c70186ea8345770f39b21

http://www.voyjer.com/Trip-Plan-56a74b741244b25ef6001d3f-Tokyo-Cherry_Blossom_watching_&_a_surprise.html

Shared by NEXS Japanese Language Center

NEXS Japanese Language Center, Pilihan Tepat Belajar Bahasa Jepang di Surabaya!

 NEXS Japanese Language Center 
Kursus Bahasa Jepang di Surabaya (Regular Class – Private Class – In House Class)
Conversation Class Bahasa Jepang di Surabaya
Kelas Persiapan JLPT di Surabaya
Konsultasi pendidikan ke Jepang di Surabaya
Jasa Penerjemahan Bahasa Jepang di Surabaya
Program Study Tour ke Jepang

 

Skip to toolbar